Search

Rusia Punya Waktu 30 Menit untuk Mempersiapkan Diri dari Serangan Nuklir

Simulasi: Serangan Dimulai Jam 6 sore

Selama Perang Dingin, musuh nuklir utama Rusia adalah AS. Bahkan hari ini, lama setelah ketegangan nuklir berakhir, para ahli memperkirakan waktu kemungkinan serangan nuklir terhadap Rusia terjadi sekitar jam 6 sore. Pada saat itu adalah pagi di AS dan sore di Moskow, di mana sebagian besar penduduk akan terjebak dalam lalu lintas perjalanan pulang.

6:01

Segera setelah serangan nuklir terdeteksi, Sistem Peringatan Dini Rusia mengirim sinyal ke pusat komando pertahanan misil. Sistem radar dan satelit ini melaporkan asal mula peluncuran serta kecepatan dan lintasannya. Ia juga memperkirakan waktu serangan tiba.

6:02

Jika militer menegaskan bahwa Rusia benar-benar akan diserang misil nuklir (bukan karena kesalahan komputer), pemerintah dan masyarakat hanya punya 30 menit untuk mempersiapkan diri jika peluncuran dari benua Amerika Utara, tetapi waktunya akan jauh lebih sedikit bila peluncuran berasal dari kapal selam di Samudera Arktik.

6:05

Pada saat itu militer kemungkinan akan mulai mengevakuasi presiden dan pejabat pemerintah lainnya ke tempat-tempat yang aman. Meskipun lokasi tepatnya dirahasiakan, kami tahu presiden memiliki sejumlah rute evakuasi.

Yang paling umum adalah 'Doomsday Plane' - pesawat Tupolev Tu-214SR yang fungsinya mirip Air Force One: untuk menjaga panglima tertinggi dari bahaya dan memastikan komunikasi tanpa gangguan dengan pasukan militer negara.

Dilaporkan bahwa Kremlin memiliki tiga 'Doomsday Plane' yang ada, dengan total biaya sekitar 130 juta euro (sekitar 2,2 triliun rupiah).

6:10

Pada saat ini, presiden dapat memilih untuk mengaktifkan Perimeter yang terkenal. Sistem kecerdasan buatan yang sepenuhnya otomatis ini dikenal sebagai 'Dead Hand' karena fungsinya yang mengerikan: untuk memastikan serangan balasan bahkan jika Rusia telah lenyap, kemampuan perintah dan kontrol pemerintah terganggu, atau jika tidak ada yang hidup untuk memerintahkan pembalasan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NilwgJ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rusia Punya Waktu 30 Menit untuk Mempersiapkan Diri dari Serangan Nuklir"

Post a Comment

Powered by Blogger.