Search

8 Jenis Tanaman Narkotika Ini Ternyata Jadi Obat Mujarab di Zaman Kuno

Black Henbane (Hyoscyamus niger) adalah nama tumbuhan yang jarang terekspos masyarakat global. Salah satu penyebabnya adalah tanaman ini sangat sulit ditemukan dan hampir berada di ambang kepunahan.

Dianggap sebagai salah satu obat terbesar yang digunakan dalam budaya kuno, Black Henbane memiliki beberapa nama lain yang mungkin terdengar akrab, seperti 'stinking nightshade' atau 'apollinarix'.

Biasanya tumbuhan ini digunakan untuk tujuan pengobatan. Tetapi bila benihnya difermentasi, maka obat-obatan tersebut akan sangat memabukkan dan berubah menjadi minuman yang nyaris serupa bentuk dan warnanya dengan bir.

Belum diketahui dengan pasti asal-usul ditemukannya tumbuhan ini, namun diperkirakan muncul pada tahun 1265 Masehi di kawasan Eurasia, dan sekarang didistribusikan secara global sebagai tanaman yang digunakan untuk tujuan farmasi.

Henbane adalah flora langka di Eropa utara, namun budidaya Henbane untuk penggunaan obat telah tersebar dan legal di Eropa tengah serta timur, juga di India.

Henbane adalah tanaman yang terancam punah, menurut Red List World Conservation Union.

Henbane dapat diolah menjadi jamu tradisional untuk sakit tulang, rematik, sakit gigi, asma, batuk, penyakit saraf dan sakit perut. Henbane juga dapat digunakan sebagai analgesik, obat penenang, dan narkotika di beberapa budaya.

Ekstrak Henbane di sebagian besar negara Barat dapat dibeli di apotek, namun harus menggunakan resep dokter. Penjualan minyak tumbuhan ini tidak diatur secara hukum dan diizinkan di toko-toko komersil.

Daun an biji Henbane mengandung bahan psikoaktif alami dan murni seperti hyoscyamine, skopolamin, dan alkaloid tropane. Standar alkaloid yang boleh digunakan saat ini adalah 0,28% dari yang semula 0,03%.

Eefek umum dari konsumsi tumbuhan ini meliputi halusinasi, pupil membesar, gelisah dan kulit memerah. Efek yang jarang terjadi seperti kejang, muntah, hipertensi, hiperpireksia dan ataksia. Efek awal biasanya berlangsung selama tiga hingga empat jam, sementara efek samping bisa bertahan hingga tiga hari.

Efek sampingnya adalah kekeringan di mulut, kebingungan, gangguan ingatan, dan rabun dekat. Overdosis konsumsi Henbane yakni delirium, koma, kesulitan pernapasan, hingga kematian.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NT7e9Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Jenis Tanaman Narkotika Ini Ternyata Jadi Obat Mujarab di Zaman Kuno"

Post a Comment

Powered by Blogger.