Search

Diduga Terlibat Pelecehan Seksual, Miliarder China Ditangkap di AS

Liputan6.com, Minneapolis - Miliarder sekaligus pendiri perusahaan e-commerce raksasa China JD.com, Richard Liu, ditangkap di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat, karena dicurigai melakukan tindak pelecehan seksual.

Dia ditangkap tidak lama sebelum tengah malam pada Jumat 31 Agustus, dan dibebaskan tepat setelah pukul empat sore di hari berikutnya, demikian menurut informasi dari kantor sheriff county Hennepin.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (3/9/2018), Liu dibebaskan secara bersyarat seraya menunggu jadwal banding. Juru bicara polisi kota Minneapolis, John Elder, mengatakan penyelidikan sedang berlangsung, namun menolak untuk memberikan rincian penangkapan.

JD.com sendiri adalah salah satu "pemain kelas berat" di industri teknologi China, yang bersaing ketat dengan Alibaba. Liu terkenal di Cina dan memiliki kekayaan bersih --menurut Forbes-- senilai US$ 7,9 miliar, atau setara Rp 116 triliun.

JD.com, yang didukung oleh Walmart, Google, dan Tencent Holdings dari China, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa Liu, yang nama Mandarin-nya adalah Liu Qiangdong, dituduh secara keliru.

"Selama perjalanan bisnis ke Amerika Serikat, Liu ditanyai oleh polisi di Minnesota sehubungan dengan tuduhan yang tidak terbukti kebenarannya," kata perusahaan itu.

"Polisi setempat, dengan cepat memutuskan tidak ada substansi untuk klaim terhadap Liu, dan dia kemudian dapat melanjutkan kegiatan bisnisnya seperti yang direncanakan semula," tambah sumber informasi terkait.

Perusahaan terkait tidak segera memberikan rincian lebih lanjut, dan Liu tidak memberikan pernyataan pers hingga saat ini.

Simak video pilihan berikut: 

China akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022. Penampilan tarian dari China menghibur pengunjung closing Asian Games 2018.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2LS7Mru

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diduga Terlibat Pelecehan Seksual, Miliarder China Ditangkap di AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.