Search

Donald Trump Cari Dukungan DK PBB untuk Jatuhkan Sanksi ke Iran

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif, mengatakan lewat Twitter bahwa upaya AS untuk mencari dukungan Dewan Keamanan PBB guna menjatuhkan sanksi tambahan kepada Teheran, tidak akan berhasil.

Karena, menurut penilaian Zarif, langkah AS yang menarik diri dari JCPOA justru membuat Washington berada dalam situasi yang terpinggirkan dari negara Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB --di mana 4 dari 5, (terkecuali AS) merupakan anggota JCPOA dan telah mengutarakan komitmennya untuk tetap bertahan pada pakta tersebut.

Sementara itu, Presiden Iran Hassan Rouhani yang turut hadir dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York justru memprediksi bahwa AS akan kembali bergabung dengan JCPOA. Menurutnya, apa yang dilakukan AS, dengan memperjuangkan sendiri sanksi tambahan kepada Iran, tak membuahkan hasil.

"Amerika Serikat suatu hari nanti, cepat atau lambat, akan kembali," katanya. "Ini tidak bisa dilanjutkan."

Rouhani juga mengatakan bahwa tidak ada bangsa yang bisa dibawa ke meja perundingan dengan paksa.

"Apa yang dikatakan Iran sudah jelas," tambahnya. "Tidak ada perang, tidak ada sanksi, tidak ada ancaman, tidak ada perundungan. Kami mendesak agar dunia bertindak sesuai dengan hukum dan pemenuhan kewajiban."

Negara penandatangan yang tersisa, yakni Inggris, China, Prancis, Rusia (4 dari 5 Anggota Tetap DK PBB), dan Jerman, mengatakan akan tetap bertahan di JCPOA dan akan membentuk mekanisme transaksi perekonomian baru untuk mempertahankan bisnis dengan Iran dan memanuver sanksi AS.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam kesempatan yang sama dengan Trump mengatakan, "Saya setuju dengan tujuan presiden AS, meski kami berbeda pandangan atas JCPOA. Saya pikir, kami perlu membangun bersama strategi jangka panjang dan tidak bisa begitu saja menjatuhkan sanksi dan penahanan," katanya dalam rapat Dewan Keamanan PBB di sela Sidang Majelis Umum PBB.

Berbeda pandangan, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengutuk gagasan itu sebagai "salah satu langkah yang paling kontraproduktif yang bisa dibayangkan".

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OiNw7M

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Donald Trump Cari Dukungan DK PBB untuk Jatuhkan Sanksi ke Iran"

Post a Comment

Powered by Blogger.