Search

Kunjungan Wisata Laut Kidul Anjlok, Mengapa?

Dia pun bercerita, Pantai Kamulyan yang dikenangnya adalah pantai yang begitu memanjakan mata. Ombaknya yang melambai, hamparan pasirnya yang luas serta gubuk-gubuk tempat beristirahat membuatnya mengajak keluarganya berekreasi melepas penat ke pantai ini.

Puluhan perahu nelayan yang hilir mudik di lautan menambah asyik pemandangan. Pantai Kamulyan memang berada di salah satu kawasan nelayan Tegal Kamulyan.

"Beda sama dulu. Dulu masih bagus," kata Endra.

Kondisi Pantai Kamulyan yang rusak parah ini tentu berdampak pada kunjungan wisata. Semenjak dilanda gelombang tinggi, pantai ini langsung sepi. Padahal, sebelumnya, pantai nyaris selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun lain daerah.

Bermacam alasan membuat mereka ketagihan kembali ke pantai ini. Sebagian, lantaran ingin bersantai. Lainnya, ingin berolah raga.

Sekitar 150 meter dari garis pantai, dulu membentang jalan setapak yang diperkuat blok beton untuk lintasan pejalan kaki. Pagi maupun sore hari, kerap ada wisatawan lokal yang sengaja Jojing santai sembari menikmati keindahan pantainya.

"Dulu tanggulnya ada jogging track. Jadi ramai. Tapi sekarang sudah jebol, jadi tidak bisa digunakan lagi," ucap Usman, tukang parkir di Pantai Kamulyan.

Usman adalah satu dari tiga tukang parkir yang masih setia menunggui sepeda motor atau mobil di pantai ini. Sementara 10 tukang parkir lainnya memilih pergi.

Warga Tegal Kamulyan, Cilacap Selatan ini langsung merasakan dampak penurunan jumlah wisatawan. Kini, dalam sehari pendapatan dari seluruh kendaraan yang masuk hanya kisaran Rp 70 ribu.

"Itu dibagi tiga tukang parkir," kata Usman menambahkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Nrrr6I

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kunjungan Wisata Laut Kidul Anjlok, Mengapa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.