Search

Menikmati Pagi Berwisata Tsunami di Aceh

Liputan6.com, Aceh - Gempa dan tsunami yang menimpa masyarakat Aceh telah berlalu hampir 14 tahun lamanya atau 26 Desember 2004 silam.

Ingatan tentang gempa berkekuatan 9,8 skala richter yang menyebabkan gelombang tinggi mencapai 30 meter masih kuat hinggap di masyarakat Indonesia, khususnya warga Aceh. Terlebih lagi bagi mereka yang mengalami kejadian tersebut.

Kini Aceh sudah bangkit. Semangat kehidupan untuk menatap masa depan cerah terus dilakukan pasca bencana. Bencana besar sudah seharusnya diubah dari tragedi menyedihkan menjadi peluang mencapai kehidupan yang lebih baik melalui berbagai aspek pembangunan, salah satunya industri pariwisata.

Aceh yang terletak di kawasan paling barat Indonesia siap memajukan industri pariwisata yang mengkedepankan karakteristik daerah khususnya pengembangan wisata tsunami dengan berbagai peninggalannya. Sebuah perjalanan untuk mengenang kembali ombak dahsyat yang menerjang Bumi Serambi Mekah.

Yuk kita berwisata tsunami. Dirangkum Liputan6.com, Sabtu (29/9/2108), sebelum memulai wisata tsunami, ada baiknya mampir ke kedai kopi yang banyak berdiri di Banda Aceh.

Hampir di setiap sudut kota, ada warung kopi. Salah satu kopi yang banyak digemari masyarakat adalah kopi sanger. Kopi ini tak terlalu keras karena dicampur dengan susu kental manis.

Segar setelah nyeruput kopi, petualangan wisata tsunami dimulai.

Perhentian pertama adalah Desa Lampulo. Di desa ini terdapat sebuah kapal yang nyangkut di atas sebuah rumah. Tujuh tahun silam, saat tsunami menerjang ada belasan kapal yang nyangkut di rumah-rumah warga. Tapi hanya yang satu ini yang dipetahankan.

Tujuan berikutnya adalah museum tsunami di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Di dalamnya ada lorong sempit dengan air terjun yang mengeluarkan suara gemuruh di kedua sisinya. Kondisi ini mengingatkan dahsyatnya tsunami. Dalam museum ini juga terdapat foto-foto korban dan kisah dari korban selamat.

Wisata tsunami berlanjut ke salah satu bukti nyata dahsyatnya gelombang tsunami, Kapal PLTD Apung. Pada saat itu, kapal berbobot sekitar 2.600 ton ini terseret ombak besar dari lautan Ule Lheue hingga ke Kampung Punge Blang Cut yang berjarak sekitar lima kilometer dari pantai.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2DDy2qR

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menikmati Pagi Berwisata Tsunami di Aceh"

Post a Comment

Powered by Blogger.