Search

Rodrigo Duterte: Selama Ada Banyak Wanita Cantik, Akan Lebih Banyak Kasus Perkosaan

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali melontarkan penyataan kontroversial, di mana kali ini terdengar seksis.

Dalam pidatonya pada Kamis 30 Agustus, Duterte membuat lelucon tentang perkosaan dalam sebuah referensi nyata terhadap laporan polisi baru-baru ini, yang mengatakan bahwa kampung halamannya di Davao, di mana ia pernah menjabat sebagai walikota, telah mencatat kasus-kasus kekerasan seksual yang signifikan.

"Mereka mengatakan ada banyak kasus perkosaan di Davao," kata Duterte.

"Selama ada banyak wanita cantik, akan ada lebih banyak kasus perkosaan," lanjutnya sebagaimana dikutip dari Independent.co.uk pada Minggu (2/9/2018).

Presiden Rodrigo Duterte melanjutkan dengan bertanya secara retoris, "Siapa yang setuju untuk melakukannya atas permintaan pertama? Akankah wanita mengizinkannya? Tidak. 'Jangan, tidak, ahhh.' Tidak ada yang setuju untuk melakukannya pada percobaan pertama."

Menurut Rappler, situs berita berbasis di Filipina, sang presiden melanjutkan: "Tidak ada yang setuju untuk melakukannya pada percobaan pertama. Itu pemerkosaan."

Kelompok-kelompok pemerhati isu wanita di Filipina mengecam pernyataan Duterte, dan juru bicaranya dikutip oleh New York Times mengatakan, "Saya tidak berpikir kita harus memberi terlalu banyak beban pada apa yang dikatakan presiden melalui lelucon."

"Mereka tidak baik dengan lelucon perkosaan," katanya, "tapi mari kita katakan bahwa mungkin standar tentang seksisme yang disebut ofensif, dan sebaliknya, faktanya lebih liberal di wilayah selatan (Filipina)."

Berkaitan dengan pernyataan kontroversial di atas, Rodrigo Duterte diketahui pernah melakukan hal serupa pada 2017 lalu. Ia dilaporkan atas candaan bahwa tentara yang bekerja di kawasan darurat militer, disebut bisa memperkosa tiga wanita tanpa menghadapi hukuman.

"Jika Anda telah memperkosa tiga, saya akan memakluminya, katakan pada saya," katanya, menurut Al Jazeera.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

Simak video pilihan berikut: 

Presiden Filipina Rodrigo Duterte diserang kecaman luas karena mencium bibir seorang tenaga kerja wanita (TKW) Filipina, dalam sebuah agenda pertemuan publik di Seoul, pada akhir pekan lalu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2MGdUZf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rodrigo Duterte: Selama Ada Banyak Wanita Cantik, Akan Lebih Banyak Kasus Perkosaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.