Search

Abaikan Kritik Pembunuhan Jamal Khashoggi, AS Bahas Hubungan Strategis dengan Arab Saudi

Menambahkan kutipan laporan dari CNN, sementara AS masih bersikap abu-abu, beberapa sekutu kuat Negeri Paman Sam telah tegas mengkritik klaim pembunuhan Jamal Khashoggi versi Kerajaan Arab Saudi.

Menteri Brexit di Inggris, Dominic Raab, mengatakan pada Minggu 21 Oktober, bahwa penjelasan Saudi tentang kematian Khashoggi tidak dapat dipercaya.

"Pemerintah Inggris ingin melihat orang-orang yang bertanggung jawab atas kematian itu," kata menteri Brexit kepada acara salah satu program televisi BBC.

Di lain pihak, pemerintah Kanada merilis pernyataan singkat, menyebut klaim Riyadh patut dipertanyakan.

"Penjelasan yang disampaikan hingga saat ini, kami lihat kurang konsisten dan tidak memiliki kredibilitas," ujar Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland dalam sebuah pernyataan.

"Kami menegaskan kembali seruan untuk penyelidikan menyeluruh, dalam kerja sama penuh dengan pemerintah Turki, dan pencatatan ketat tentang keadaan di sekitar kematian Khashoggi," lanjut Menlu Chrystia.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres "sangat terganggu" oleh penjelasan itu, kata juru bicaranya.

Dan dalam teguran yang tajam, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pada hari Minggu, bahwa negaranya akan menghentikan semua ekspor senjata ke Arab Saudi selama ketidakpastian tentang kematian Khashoggi.

Uni Eropa, dalam sebuah pernyataan dari perwakilan tertingginya untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan, Federica Mogherini, mengatakan pihaknya bersikeras menuntut "penyelidikan terus menerus, kredibel dan transparan, yang menjelaskan kejelasan tentang kasus pembunuhan tersebut, dan memastikan akuntabilitas penuh dari semua yang bertanggung jawab di dalamnya".

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OEqwkJ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Abaikan Kritik Pembunuhan Jamal Khashoggi, AS Bahas Hubungan Strategis dengan Arab Saudi"

Post a Comment

Powered by Blogger.