Search

Taiwan Percepat Kesepakatan Senjata dengan AS, Terus Ditekan China?

Liputan6.com, Taipei - Penolakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap ekspansi militer dan strategi diplomatik China di kawasan Indo-Pasifik, disebut mengubah hubungan pertahanan antara Washington dan Taipei menjadi lebih dekat dari sebelumnya.

AS telah menyetujui untuk mempercepat kesepakatan senjata dengan Taiwan dibandingkan ketika di bawah pemerintahan Barack Obama dan George W Bush.

Dikutip dari South China Morning Post pada Senin (29/10/2018), negara pulau itu juga dikabarkan telah memberi izin bagi pergerakan militer AS di dekat Selat Taiwan, suatu fakta yang tidak pernah dirilis oleh Washingtoan.

Sejak Donald Trump menjabat pada tahun 2016, pemerintahan dan kongresnya telah bergeser dari kebijakan jaga jarak aman dengan Beijing, menjadi dukungan tidak langsung dalam upaya Taiwan menantang pemerintah China Daratan.

Namun para analis mengatakan pemerintah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen perlu mengevaluasi signifikansi dan dampak dari arah baru itu, mengingat hubungan hipersensitif negara tersebut dengan AS dan China daratan.

Awal bulan ini, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Keamanan Asia dan Pasifik, Randall Schriver menegaskan bahwa Washington bergerak menuju "hubungan kerja sama militer asing yang lebih normal" dengan Taiwan.

Hal tersebut diperkiat dengan persetujuan Donald Trump pada September lalu, tentang kesepakatan penyediaan suku cadang dan logistik senilai US$ 330 juta (setara Rp 5,02 triliun, dengan kurs Rp 15.219 per 1 dolar AS), untuk pemeliharaan beberapa jenis pesawat militer Taiwan.

Eksekusi kesepakatan itu datang kurang dari setahun setelah Pentagon setuju untuk menjual rudal, torpedo, dan sistem peringatan dini senilai US$ 1,4 miliar (setara Rp 21,3 triliun) ke Taiwan.

Simak video pilihan berikut: 

Tindakan pria dalam video viral begitu menyentuh hati para netizen, dan banyak dari mereka memuji aksinya sebagai suami dan ayah yang hebat. (Facebook/TuyaStudio)

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2ESqEZw

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Taiwan Percepat Kesepakatan Senjata dengan AS, Terus Ditekan China?"

Post a Comment

Powered by Blogger.