Search

Indo Defence 2018, Saab Swedia Tawarkan 5 Produk Pertahanan Unggulan ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Firma industri pertahanan asal Swedia, Saab, menawarkan lima produk unggulan serta prospek kerja sama transfer teknologi kepada Indonesia, guna memperkuat kapabilitas pertahanan dan keamanan Tanah Air.

"Indonesia punya wilayah yang luas, terutama wilayah maritim mereka. Dan, sudah jadi kewajiban bagi pemerintah dan militer Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan negara serta menjamin keamanan warga. Oleh karenanya, Saab siap membantu Indonesia untuk hal tersebut," kata Anders Dahl, Presiden Saab Indonesia kepada sejumlah wartawan dalam Indo Defence 2018 Expo & Forum di JI-Expo Kemayoran, Kamis (8/11/2018).

Saab bukan pemain baru dalam industri pertahanan. Berdiri tahun 1937, perusahaan itu telah membuat sejumlah teknologi pertahanan yang digunakan Swedia dan sejumlah negara dunia. Produk mereka, mulai dari pesawat hingga sistem komunikasi peperangan, telah teruji di lapangan dan digunakan pada sejumlah kesempatan, mulai dari Perang Dunia II hiingga konflik modern.

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang menggunakan teknologi Saab. Mulai dari sistem pertahanan udara jarak sangat pendek (VSHORAD) RBS 70 yang digunakan sejak 1987 dan sistem civilian air-traffic di Bandara Internasional Djuanda sejak 2018.

"Tentara Nasional Indonesia memiliki sembilan unit RBS 70 dan dua sistem radarnya, yang telah dioperasikan sejak lebih dari 30 tahun lalu dan masih berfungsi sampai sekarang. Itu bagus bukan? Tapi, mereka perlu melakukan peremajaan," kata Rickard Svensson, marketing Saab di Indo Defence 2018 Expo & Forum.

Oleh karenanya, Saab ingin kerjasamanya dengan Indonesia meningkat dan tak hanya terbatas RBS 70 dan sistem civilian air-traffic saja.

"Indonesia perlu menambah jumlah alat pertahanan, meningkatkan kapabilitas mereka, serta meremajakan apa yang mereka punya selama ini," jelas Dahl.

Lebih lanjut, Saab berkomitmen mendukung misi Indonesia untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya dan memajukan industri berteknologi tinggi dalam negeri.

"Dengan diperkenalkannya UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan, Indonesia sedang berjalan menujukemandirian kapabilitas pertahanan dan Saab siap untuk menaati segala kewajiban dan seluruh aturan pengadaan yang ketat," jelas Saab dalam pernyataan tertulis.

Berikut, 5 produk yang ditawarkan Saab kepada Indonesia, sebagaimana yang dipamerkan oleh perusahaan itu dalam Indo Defence 2018 Expo & Forum:

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2ATfuj4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indo Defence 2018, Saab Swedia Tawarkan 5 Produk Pertahanan Unggulan ke RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.