Search

Menelisik Jejak Komponis Legendaris asal Banyumas R Soetedja dengan Film

Terakhir, Nien Lesmana, istri mendiang Jack Lesmana, orang tua musisi jazz Indra Lesmana, yang banyak menyanyikan lagu-lagu Soetedja meninggal di tahun 2017 lalu. Pun demikian dengan seniman-seniman Purwokerto yang pernah mengisi kesenian di RRI Purwokerto.

"Bagi kami pencarian R Soetedja ini takkan pernah selesai, hingga tak berbatas. Harapan kami, film ini menjadi pemancing riset, bahkan kepedulian pemerintah untuk menempatkan sosok Soetedja sebagai tokoh musik modern dan panutan para musikus. Setidaknya, bukan sekadar menjadi nama Gedung Kesenian yang tak kunjung selesai dibangun," ujarnya.

Akhirnya, film yang merupakan kerjasama Jaringan Kerja Film Banyumas Raya (JKFB), CLC Purbalingga bekerjasama dengan Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan film dokumenter bertajuk "Mencari Soetedja", di Rajawali Theatre Purwokerto, Kamis, 15 November 2018.

Bowo menerangkan, film dokumenter berdurasi 24 menit ini bertutur mengalir dari putra-putri dan keponakan Raden Soetedja, serta beberapa orang yang merasa bersinggungan secara kesejarahan.

Proses pengambilan gambar dilakukan di beberapa tempat yaitu sekitar Banyumas, komplek Pasar Purwareja Klampok, Banjarnegara, Jakarta Pusat, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bandung.

Produser Film "Mencari Soetedja", Nanki Nirmanto mengatakan, film ini rencananya akan diputar berkeliling di ruang-ruang diskusi publik serta diapresiasi oleh komunitas film, musik maupun komunitas lainnya.

Terutama bagi masyarakat yang selama ini hanya mengenal Soetedja lewat lagu "Di Tepinya Sungai Serayu". Padahal masih banyak ratusan lagu, catatan-catatan sejarah dan penghargaan yang pernah diterimanya. Beberapa lagu, juga sempat didokumentasikan dalam film ini.

"Kami ingin seluruh masyarakat, dari Banyumas terutama, bangga dengan Raden Soetedja. Ia sebenarnya tidak hanya komponis keroncong seperti yang diketahui orang. Ia juga menguasai aliran musik lainnya, seperti hawaian, jazz dan klasik," Nanki Nirmato.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Addie MS juga seorang pianis, pencipta lagu, komponis, arranger sekaligus produser musik. Sejak tahun 80-an pria ini meramaikan dan mewarnai dunia musik Indonesia

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2JQlYlr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menelisik Jejak Komponis Legendaris asal Banyumas R Soetedja dengan Film"

Post a Comment

Powered by Blogger.