Search

AS Melarang Ibu Ini Menjenguk Anaknya yang Sekarat, Kenapa?

Liputan6.com, Oakland - Seorang ibu dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjenguk anaknya yang sedang sekarat di California, karena terkait dengan kebijakan imigrasi ketat oleh pemerintahan Donald Trump.

Ibu tersebut diketahui berasal dari Yaman, di mana termasuk ke dalam daftar negara yang warganya dilarang untuk sementara waktu berkunjung ke AS, apapun alasannya.

Anak ibu itu, sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Rabu (19/12/2018), diketahui bernama Abdullah Hassan (2), yang lahir dengan kondisi penyakit otak akut, sehingga dokter meramalkan usia hidupnya tidak akan bertahan lama.

Kerabatnya mengatakan bahwa sang ibu ingin menemui buah hatinya tersebut untuk terakhir kalinya, sebelum kemungkinan besar ajal segera menjemput.

Meskipun Abdullah dan ayahnya lahir di Yaman, mereka telah mengantongi status warga negara Amerika Serikat. Sedangkan sang ibu, proses pengajuan green card-nya terombang-ambing tanpa kepastian setelah Donald Trump menerapkan kebijakan ketat pada isu imigrasi.

"Yang dia inginkan adalah memegang tangan Hassan untuk terakhir kalinya," ujar sang suami, Ali Hassan (22) mengatakan kepada San Francisco Chronicle pada Minggu 16 Desember.

Dia mengatakan anak itu mungkin akan meninggal jika dia dibawa ke Mesir, di mana sang ibu tinggal  saat ini. 

Istri Hassan, Shaima Swileh, saat ini sedang mencari pengecualian dari Kementerian Luar Negeri AS, guna melakukan perjalanan ke California sesegera mungkin.

Sementara itu, segera setelah menjabat sebagai presiden AS, Donald Trump memberlakukan larangan perjalanan bagi beberapa negara muslim, terutama yang berasal dari kawasan Asia Tengah dan Afrika.

Perintah eksekutif itu disahkan oleh Mahkamah Agung AS pada musim panas lalu, di mana sebelumnya telah mengalami beberapa perombakan hingga menyisakan segelitir negara yang mendapat pengawasan imigrasi lebih ketat.

Tidak disebutkan secara pasti, sampai kapan aturan tersebut akan diberlakukan oleh pemerintahan Trump.

Simak video pilihan berikut: 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2GtMLWI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Melarang Ibu Ini Menjenguk Anaknya yang Sekarat, Kenapa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.