Search

DPT Pemilu Banyumas Berkurang 6 Ribu Lebih, Ada Apa?

KPU Banyumas mentarget partisipasi 77 persen pada Pemilu 2019 nanti. Itu artinya, target partisipasi ini naik sebanyak dua persen dibanding partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banyumas 2018 yang tingkat partisipasinya di kisaran 75 persen.

Sebab itu, KPU gencar mensosialisasikan pemilu di berbagai kelompok masyarakat. Antara lain, kelompok disabilitas.

Di Banyumas, pemilih disabilitas berjumlah 3.486 orang. Yakni, terdiri dari tunadaksa 791 orang, tunanetra 703 orang, tunarungu 877 orang, tunagrahita 590 orang, dan disabilitas lainnya 525 orang.

Untuk mendongkrak partisipasi kelompok ini, Hanan memastikan tiap tempat pemungutan suara (TPS) di Banyumas ramah disablitas. Selain itu, di tiap TPS ada petugas yang dipersiapkan secara khusus untuk mendampingi pemilih disabilitas.

“Kalau meminta didampingi, ada petugas kami yang akan mendampingi,” dia menerangkan.

Dia menjelaskan, sosialiasi pemilu 2019 juga gencar dilakukan di kelompok-kelompok disabilitas. Meski tak semua kelompok mendapat sosialisasi langsung, dia berharap agar apa yang diperoleh dari sosialisasi KPU itu akan disebarkan ke kelompok disabilitas lainnya.

Salah satu yang disosialisasikan adalah kertas suara braille. KPU mensosialisasikan kertas suara khusus untuk kaum disabilitas, agar mereka semakin mudah menunaikan pilihannya.

“Pertama kan akses, kedua alat bantu, yang ketika sosialiasi untuk menjangkau komunitas disabilitas. Ini ada kerjasama dengan bisa akses,” dia menjelaskan.

Selain gencar mensosialisasikan ke kelompok disabilitas, KPU Banyumas juga berencana mensosialisasikan pemilu 2019 di kelompok-kelompok marginal. Di antaranya, di rumah tahanan (rutan), lembaga pemasyarakatan (lapas), kelompok masyarakat di daerah pinggiran dan lain sebagainya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2ErWhY1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DPT Pemilu Banyumas Berkurang 6 Ribu Lebih, Ada Apa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.