Search

Jerman Akan Bayar Ganti Rugi ke Ribuan Anak Korban Kekejaman Nazi

Liputan6.com, Berlin - Pemerintah Jerman dikabarkan akan memberi satu kali pembayaran kepada sebagian besar orang Yahudi, yang selamat dievakuasi saat masih kanak-kanak di era kekuasaan Nazi.

Sebuah kelompok pelobi yang berbasis di AS mengatakan, janji Jerman itu menandai 80 tahun sejarah evakuasi anak-anak Yahudi ke Inggris, menggunakan rangkaian kereta berjuluk Kindertransport.

Dikutip dari The Guardian pada Selasa (18/12/2018), sekitar 10.000 anak tanpa pendamping meninggalkan wilayah kekuasaan Nazi di Jerman, Austria, Cekoslowakia, dan Polandia. Mereka menumpang kereta-kereta khusus menjelang Perang Dunia II, yang kemudian mengantarkannya kepada beberapa keluarga angkat, sekolah asrama, dan pusat pertanian.

Sebagian besar dari anak-anak itu tidak akan pernah melihat keluarga mereka lagi, karena banyak yang dibunuh di kamp-kamp konsentrasi Nazi.

Atas sejarah kelam masa lalu, Jerman pun setuju untuk menyantuni sekitar 1.000 orang yang masih hidup dari peristiwa tersebut, di mana setengahnya masih tinggal di Inggris.

Masing-masing dari mereka akan mendapat 2.500 euro (setara Rp 41,2 juta) sebagai kompensasi atas penderitaan di masa lalu.

Terobosan pada hari Senin menandai peringatan ke 80 tahun misi penyelamatan Kindertransport, di mana kereta pertama tiba di Harwich, Inggris pada 2 Desember 1938. Di dalamnya, berisi 196 anak Yahudi.

Insiden itu, yang dikenal sebagai Kristallnacht atau Malam Kaca Pecah, telah dianggap sebagai momen penting dalam penindasan Nazi terhadap orang Yahudi Eropa pada momen Perang Dunia II, di mana kemudian memuncak dalam peristiwa Holocaust.

Simak video pilihan berikut: 

Seorang petinggi Nazi Jerman semasa Perang Dunia II mengabaikan perintah atasannya untuk tidak lagi membunuhi para tawanan kaum Yahudi.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2SRy3Ks

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jerman Akan Bayar Ganti Rugi ke Ribuan Anak Korban Kekejaman Nazi"

Post a Comment

Powered by Blogger.