Search

Kabut Tebal Bikin Bandara di Belanda Berhenti Beroperasi Seharian Penuh

Liputan6.com, Eindhoven - Kabut tebal yang menggantung di atas wilayah Belanda memaksa setidaknya satu bandara menutup landasan pacu, dan membatalkan banyak penerbangan selama hampir seharian penuh pada Minggu 16 Desember 2018. Ribuan penumpang dilaporkan terlantar di bandara, menunggu operasional kembali pulih pada malam hari.

Bandara internasional Eindhoven di wilayah selatan Belanda, ditutup sejak pukul 09.00 waktu setempat, di mana sekitar 27 penerbangan batal mendarat, dan belasan jadwal lepas landas juga turut dibatalkan.

Dikutip dari The Straits Times pada Senin (17/12/2018), pembatalan jadwal penerbangan itu mempengaruhi antara 6.500 hingga 8.000 penumpang, yang paling cepat mendapat penggantian jadwal terbang pada menjelang tengah malam.

Masalah serupa juga melanda bandara Schipol Amsterdam, yang merupakan pintu utama bagi penerbangan dari dan menuju Belanda. Di sana, sebanyak hampir 100 penerbangan mengalami penyesuaian jadwal, yang membuat penumpukan penumpang di tiga terminalnya.

"Kemampuan lepas landas dan mendarat telah berkurang setengahnya," kata juru bicara bandara setempat.

Maskapai penerbangan KLM biasanya mengoperasikan sekitar 65 penerbangan per jam di Schipol, namun selama periode berkabut tebal itu, hanya 17 penerbangan yang bisa mendarat atau lepas landas.

Meski penerbangan kembali dijadwalkan pada Minggu tengah malam, namun Institut Meteorologi Kerajaan Belanda mengeluarkan peringatan "kode kuning" di sebagian wilayah tengah dan selatan negara itu, dengan kemungkinan kabut akan kembali muncul setidaknya hingga pertengahan pekan ini.

Simak video pilihan berikut: 

Kabut menyelimuti seluruh kota dan membahayakan pengguna jalan raya

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2SY4kQr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabut Tebal Bikin Bandara di Belanda Berhenti Beroperasi Seharian Penuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.