Search

Mencairnya Es Greenland Berpotensi Bikin Air Laut Naik Hingga 7 Meter?

Liputan6.com, Washington DC - Lapisan es raksasa Greenland disebutkan mengandung cukup air untuk meningkatkan permukaan laut global hingga 23 kaki (setara 7 meter), jika risiko mencairnya terus membesar beberapa tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan dalam hasil penelitian yang dimuat di jurnal Nature, di mana disebutkan risiko pencairan es raksasa itu disebut belum pernah terjadi sebelumnya, selama berabad-abad, dan mungkin ribuan tahun.

Dikutip dari CNN pada Jumat (7/12/2018), studi tersebut menemukan bahwa mencairnya es Greenland meningkat pesat dalam dua dekade terakhir, setelah sebelumnya relatif stabil sejak Revolusi Industri pada pertengahan 1800-an.

Saat ini, lapisan es Greenland diketahui mencair pada tingkat 50 persen lebih tinggi dibandingkan era pra-industri, yang menyebabkan 33 persen kenaikan permukaan laut di sepanjang Abad ke-20.

"Apa yang kami dapat tunjukkan adalah bahwa mencairnya es Greenland saat ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya, dan di luar grafik dalam konteks jangka panjang," kata Sarah Das, seorang ilmuwan rekanan di Woods Hole Oceanographic Institution, yang juga menjadi rekan penulis pada studi terkait.

Untuk menentukan seberapa cepat es Greenland mencair dibandingkan dengan masa lalu, para ilmuwan menggunakan bor sebesar tiang lampu lalu lintas untuk mengambil sampel inti es.

Sampel diambil dari situs lebih dari 6.000 meter di atas permukaan laut, memberikan para peneliti sinyal tentang pencairan di atas lapisan es selama beberapa abad terakhir.

Disebutkan pula, bahwa melelehnya lapisan es Greenland adalah penggerak tunggal terbesar dari kenaikan permukaan air laut global, yang menurut para ilmuwan, dapat membanjiri kota-kota pesisir dalam beberapa dekade mendatang.

Delapan dari 10 kota terbesar di dunia berada di dekat pantai, dan 40 hingga 50 persen dari total populasi global hidup di daerah pesisir yang rentan terhadap naiknya permukaan air laut.

Studi ini juga menemukan bahwa hilangnya es Greenland, terutama didorong oleh udara musim panas yang lebih hangat dan kenaikan suhu, dapat memicu peningkatan eksponensial dalam laju lelehan permukaan beku.

Simak video pilihan berikut: 

Sebuah klip video yang beredar di YouTube sejak Desember 2014 lalu menayangkan keruntuhan lapisan es tebal di dekat Kutub Utara.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2BWxn16

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mencairnya Es Greenland Berpotensi Bikin Air Laut Naik Hingga 7 Meter?"

Post a Comment

Powered by Blogger.