Search

Menlu: Peran RI untuk Perdamaian Dunia Jangkau Palestina hingga Myanmar

Liputan6.com, Bandung - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, perdamaian harus diupayakan dan dirawat demi persatuan sebuah bangsa.

Hal tersebut disampaikannya dalam kuliah umum yang digelar di Universitas Padjajaran (Unpad), Dipatiukur, Bandung.

"Sementara itu, perbedaan adalah kodrat. Maka, pengingkaran terhadap perbedaan adalah pengingkaran terhadap kodrat," demikian yang ditekankan oleh Retno Marsudi di hadapan para mahasiswa, Rabu (19/12/2018).

Dalam puncak acara DiploFest tersebut, Retno juga mengungkapkan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia.

Bagi negara ini, diplomasi perdamaian dan diplomasi kemanusiaan menjadi dua fokus utama yang terus dilakukan, di tengah situasi dunia yang semakin tidak menentu.

"Untuk Afghanistan yang tengah berada dalam situasi konflik, misalnya. Indonesia menginisiasi pertemuan trilateral ulama antara Afghanistan, Pakistan dan Indonesia yang mengajak para ulama di ketiga negara tersebut untuk bertukar pandangan mengenai perdamaian," tutur Retno Marsudi, menlu perempuan pertama RI itu.

Selain itu, Indonesia juga terus secara konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Contohnya, pada Oktober lalu, di Kota Kembang telah diresmikan Palestine Walk sebagai penanda solidaritas antara Indonesia dan Palestina.

Di sisi lain, Indonesia pun berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi pada UNRWA dalam penanganan isu pengungsi Palestina.

"Dalam diplomasi, Indonesia selalu mengupayakan pencegahan konflik (conflict prevention). Indonesia yang majemuk, membuat adanya potensi perbedaan yang mutlak. Namun, kita menjadikan kemajemukan tersebut sebagai aset," kata Retno Marsudi.

Menurut mantan duta besar RI untuk Belanda itu, kemajemukan harus dirawat dengan toleransi dan saling menghormati. Dengan begitu, Indonesia akan dilihat sebagai negara yang kuat dan dicontoh oleh negara lain.

Simak video pilihan berikut:

Bantuan akan terus diberikan Pemerintah Indonesia setelah Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Pemerintah Bangladesh.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2rLAkvf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu: Peran RI untuk Perdamaian Dunia Jangkau Palestina hingga Myanmar"

Post a Comment

Powered by Blogger.