Search

Siapa Sebenarnya Etnis Uighur, dan Mengapa Berkonflik dengan China?

Liputan6.com, Beijing - Chaudhry Javed Atta terakhir kali melihat istrinya sekitar lebih dari setahun lalu. Setelah itu, sedikit pun ia tidak pernah mendengar kabar tentang belahan jiwanya, di mana menurut desas-desus tetangga, menjadi bagian dari warga Uighur yang dimasukkan ke dalam kamp pengasingan oleh pemerintah China.

Pria asal Pakistan yang berprofesi sebagai pedagang buah itu mengingat, dia meninggalkan istrinya di rumah mereka di wilayah Xinjiang --yang dipenuhi oleh etnis muslim Uighur-- di wilayah China barat laut, untuk kembali ke negaranya guna memperbarui visa.

Dia ingat hal terakhir yang diucapkan oleh sang istri: "Segera setelah engkau pergi, mereka akan membawaku ke kamp dan aku tidak akan kembali."

Kejadian pilu itu terjadi pada 2017, ketika Atta dan istrinya, Amina Manaji, telah menikah selama 14 tahun. Atta adalah salah satu dari ratusan pengusaha Pakistan yang pasangannya telah menghilang, dibawa oleh pihak berwenang China ke tempat yang mereka sebut sebagai kamp pelatihan.

Beijing telah dituduh menginternir banyak warga minoritas muslim Uighur untuk "dididik kembali", terkait dengan keyakinan yang mereka anut.

Oleh dunia internasional, hal ini dilihat sebagai respons terhadap kerusuhan dan serangan kekerasan yang dituduhkan pemerintah pada kelompok separatis di China barat laut.

Etnis Uighur dan Kazakh di China mengatakan kepada kantor berira Associated Press bahwa tindakan yang tidak berbahaya seperti bersembahyang, melihat situs web asing atau menerima panggilan telepon dari kerabat di luar negeri, bisa membuat mereka ditangkap dan dijebloskan ke kamp pengasingan.

Sebenarnya, siapakah etnis Uighur itu? Mengapa mereka terlibat konflik dengan pemerintah China? Apa yang membuat mereka perlu "dimasukkan" ke dalam kamp pelatihan?

Mengutip dari Voice of America, Selasa (18/12/2018), berikut adalah beberapa rangkuman singkat mengenai kontroversi seputar kehidupan Uighur.

Simak video pilihan  berikut: 

Disetrum, ditelanjangi, dibiarkan kelaparan. Seperti inilah sederet siksaan yang dialami salah satu wanita Uighur, etnis minoritas muslim China di kamp penahanan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2BupkXw

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siapa Sebenarnya Etnis Uighur, dan Mengapa Berkonflik dengan China?"

Post a Comment

Powered by Blogger.