Search

Mengerikan, Arus Listrik dalam Sambaran Petir Bisa Mencapai 1,3 Miliar Volt

Liputan6.com, New Delhi - Para ilmuwan melaporkan rekor baru untuk badai petir paling kuat yang pernah ada. Badai besar tersebut rupanya mampu menciptakan potensi arus listrik sebesar 1,3 miliar volt.

Untuk memperkirakan potensi listrik badai, para ilmuwan mengukur penurunan jumlah muon yang ada di bawah badai. Muon adalah partikel kecil yang menghujani atmosfer dengan muatan listrik negatif. Muon diproduksi ketika sinar kosmik bertabrakan dengan atmosfer atas.

Para peneliti di India dan Jepang menentukan bahwa listrik yang menembus awan akan mengurangi muatan muon yang melewatinya, mengurangi kemungkinan partikel yang terdeteksi oleh sensor muon di bawah badai.

Data yang dikumpulkan oleh pesawat terbang dan balon cuaca telah membantu para ilmuwan mempelajari struktur listrik di dalam badai, tetapi kedua media ini hanya dapat mensurvei sebagian kecil badai yang menyebar di sejumlah besar langit. Mereka tidak dapat mengukur potensi listrik di seluruh awan raksasa.

Para astronom sebelumnya telah memperhatikan bahwa keberadaan badai petir dapat menekan aliran, atau fluks, muon yang diukur dengan teleskop muon. Para periset juga telah menemukan korelasi antara sambaran petir dan sinar gamma.

Untuk studi ini, mereka menggunakan G3MT, sebuah teleskop muon yang ada di India Selatan, agar bisa secara tepat mengukur dampak sambaran petir pada fluks muon.

Penulis makalah ini, Sunil Gupta dari Tata Institute of Fundamental Research di Mumbai, India, juga mengembangkan metode kuantitatif untuk menyimpulkan potensi listrik badai petir berdasarkan perubahan fluks muon.

"Kami menyadari bahwa GRAPES-3 adalah alat yang ideal untuk mengukur potensi badai, khususnya untuk badai terbesar," kata Gupta.

G3MT mampu mengukur perubahan fluks muon dengan presisi 0,1 persen. Teleskop itu juga dapat membedakan 169 arah diskrit (elemen-elemen yang tidak bersambungan) di langit, memberikan gambaran komprehensif tentang struktur listrik awan petir.

"Teknik berbasis muon ini menyediakan cara yang unik untuk menyelidiki medan listrik di akselerator partikel alami terbesar di Bumi, yaitu petir dan badai. Meskipun tidak secara langsung," imbuh Michael Cherry yang mempelajari sinar kosmik dan gamma di Louisiana State University.

Antara 2011 dan 2014, para ilmuwan menggunakan G3MT dan metode kuantitatif baru untuk mengukur potensi listrik dari 184 badai.

Pada 1 Desember 2014, tim tersebut mengukur petir dengan potensi listrik 1,3 miliar volt, atau 1,3 gigavolt --badai listrik paling kuat yang pernah terdeteksi. Para ahli kemudian menggambarkan catatan badai ini dalam jurnal Physical Review Letters.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sistem keamanan pada pesawat sudah didesain sedemikian rupa. Sehingga mampu meminimalisir resiko yang terjadi. Termasuk tetap aman berada di dalam pesawat saat hujan maupun petir.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2U092B5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengerikan, Arus Listrik dalam Sambaran Petir Bisa Mencapai 1,3 Miliar Volt"

Post a Comment

Powered by Blogger.