Search

Sembunyikan 300 Kilogram Sabu, Rumah Mewah di Vietnam Digerebek Aparat

Liputan6.com, Hanoi - Kepolisian Vietnam menyita 300 kilogram methamphetamine (sabu-sabu) dari sebuah rumah mewah di Kota Ho Chi Minh berkedok perusahaan tekstil. Hal ini dilaporkan oleh media pemerintah dan kepolisian setempat pada Kamis, 21 Maret 2019.

Proses penggerebekan berlangsung berjam-jam, dibantu oleh personel keamanan dengan turut membawa sejumlah kamera.

Dari gambar yang kemudian dipublikasikan, tampak tumpukan sabu yang telah dibungkus berukuran batu-bata.

"Sebelas orang telah ditahan termasuk delapan warga negara China dan tiga Vietnam," kata seorang pejabat polisi dari Distrik Binh Tan, menuturkan kepada media dengan syarat anonimitas, mengutip Channel News Asia pada Kamis (21/3/2019).

Tersangka utama adalah warga negara China, 56 tahun, yang memiliki hubungan pribadi dengan seorang perempuan Vietnam. Ia diketahui telah terdaftar sebagai pemilik usaha tekstil. Dengan demikian, ia diduga mengoperasikan jual-beli barang haram dengan modus bisnis pakaian ekspor.

Sabu-sabu disinyalir telah dikirim dari Laos, melalui Provinsi Kon Tum untuk "konsumsi di Kota Ho Chi Minh", sebagaimana dilaporkan oleh media pemerintah Vietnam.

Kasus ini merupakan bagian dari investigasi besar di Vietnam, yang melibatkan beberapa provinsi dengan investigasi masih berlanjut hingga saat ini.

Sebetulnya, Vietnam telah memiliki hukum yang keras terhadap kasus narkoba, yakni siapapun yang membawa lebih dari 2,5 kilogram sabu-sabu terancam dihukum mati.

Sayangnya, negara itu dekat dengan kawasan rawan bernama "Golden Triangle" atau Segitiga Emas Asia Tenggara, merujuk pada wilayah perbatasan Laos, Myanmar, dan Thailand. Berbagai kasus pelanggaran hukum sering dilakukan dengan melintasi wilayah tersebut.

Adapun narkoba jenis zat sintetis sendiri digunakan relatif banyak oleh warga Asia Tenggara, khususnya penduduk usia muda. Bagi kalangan berumur, barang haram yang biasa dikonsumsi adalah jenis opium dan heroin.

Simak pula video berikut:

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2HzKYPC

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sembunyikan 300 Kilogram Sabu, Rumah Mewah di Vietnam Digerebek Aparat"

Post a Comment

Powered by Blogger.