Search

13-4-1953: Proyek Kontroversial CIA, Rumah Bordil Palsu dan Skandal Bunuh Diri

Frank Olson adalah seorang peneliti kuman untuk Angkatan Darat AS. Warga sipil itu juga pekerja CIA -- yang tak sadar bahwa ia adalah target penelitian LSD.

Pada 1953, rapat digelar di sebuah lokasi pegunungan. Pimpinan proyek MK-ULTRA, Dr. Sidney Gottlieb dan sejumlah karyawan CIA hadir di sana.

Kala itu, Olson dan empat ilmuwan lain menenggak segelas Cointreau yang telah dibubuhi LSD secara diam-diam. Baru 20 hari menit kemudian, mereka diberi tahu bahwa ada obat yang dibubuhkan dalam minuman mereka.

Olson diduga mengalami reaksi keras. Ia meninggalkan lokasi rapat dalam kondisi gelisah. Pria itu bahkan mengancam mundur dari CIA.

CIA mengklaim, Olson mendadak menderita paranoia dan depresi yang ekstrem, dan mengirimnya ke psikiater di New York untuk konsultasi.

Namun, ia kemudian meninggal tiba-tiba, 'jatuh' dari kamar hotelnya yang ada di lantai 10.

Seorang karyawan CIA yang mendampinginya di New York melaporkan, ia terbangun pada pukul 01.30 dini hari dan melihat Olson menjatuhkan dirinya.

Olson, yang kala itu berusia 38 tahun, meninggalkan seorang istri dan tiga anak yang usianya di bawah 10 tahun.

Karena tak didasarkan bukti kuat, keluarga mendiang Olson dengan enggan menerima penjelasan membingungkan CIA bahwa ilmuwan itu tiba-tiba mengalami depresi fatal.

Kala berita tentang program LSD rahasia CIA akhirnya bocor 20 tahun kemudian, keluarga mendiang mendapatkan informasi bahwa penyelidikan Kongres mengungkap, Olson tak sadar mengonsumsi halusinogen sebelum kematiannya.

CIA terus bersikeras bahwa Olson bunuh diri. Namun, atas desakan Presiden Gerald Ford, kompensasi senilai US$ 750.000 diberikan kepada keluarga mendiang.

Pada tahun 1990-an, putra Olson meminta jasad sang ayah menjalani uji post-mortem. Dari tes forensik itu diketahui, korban meninggal karena trauma benda tumpul di kepala, yang mungkin dialami sebelum ia jatuh dari jendela.

Olson bukan satu-satunya korban uji coba CIA. Seorang pemain tenis profesional yang menjalani perawatan di New York Psychiatric Institute, karena depresi yang dialami pasca-bercerai, mengalami koma dan akhirnya tewas. Sebelumnya, ia diberi obat turunan mescaline.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Gjgks1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "13-4-1953: Proyek Kontroversial CIA, Rumah Bordil Palsu dan Skandal Bunuh Diri"

Post a Comment

Powered by Blogger.