Search

5 Planet Misterius Ini Sempat Diprediksi Turut Mendiami Tata Surya

Vulcan sempat diprediksi ada di antara Merkurius dan Matahari. Beberapa abad yang lalu, planet ini diusulkan setelah para astronom mengamati bahwa Merkurius telah sedikit mengubah orbitnya setiap mengelilingi Matahari.

Pada 1859, seorang astronom Perancis Urbain-Jean-Joseph Le Verrier menyatakan hal itu disebabkan oleh adanya tarikan gravitasi dari planet yang belum ditemukan. Planet itu disebutnya Vulcan yang terletak di antara Merkurius dan Matahari. Ia mengatakan Vulcan tidak dapat dilihat karena terlalu dekat dengan Matahari.

Setahun kemudian, astronom amatir Edmond Modeste Lescarbault mengklaim telah melihat titik hitam kecil di dekat Matahari, seolah membenarkan hipotesis keberadaan Vulcan. Vulcan segera dianggap sebagai planet pertama tata surya meskipun bukti keberadaannya kurang konkret.

Pada 1915, keberadaan Vulcan dibantah oleh Teori Relativitas Umum Albert Einstein. Einstein mengatakan, benda besar seperti Matahari dapat menekuk ruang dan waktu.

Orbit Merkurius sering berubah karena ia bergerak melalui "ruang-waktu yang terdistorsi" yang disebabkan oleh kedekatannya dengan Matahari.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2G2vOPT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Planet Misterius Ini Sempat Diprediksi Turut Mendiami Tata Surya"

Post a Comment

Powered by Blogger.