Search

Aksi Akrobat Gila Pemain Lais, Sirkus Ala Garut

Dadang menyatakan, sejarah seni Lais pertama kali diperankan Laisan, seorang warga lokal kampung Nangka Pait, Sukawening wilayah Garut utara, saat jaman penjajahan Belanda masih berkecambuk.

“Kalau cerita dari orang tua, Pak Laisan itu kerap naik pohon kelapa dengan cepat tanpa bantuan alat sedikit pun,” kata dia.

Namun bukannya takut, Laisan yang saat itu mulai dikenal warga sekitar dengan keberaniannya, justru semakin berani untuk memamerkan keahliannya.

“Makanya dalam pertunjukan diusahakan ada buah kelapa untuk menghormati, tetapi jika pun tidak ada tidak masalah,” ujarnya.

Akhirnya kesenian itu dipelajari dengan mahir oleh Kurdi dan Ahmadi, hingga dalam perjalanan selanjutnya kedua orang itulah yang mengenalkan secara luas kesenian uji nyali dan adrenalin tersebut.

“Buat sebagian besar guru lais ya kedua orang itu,” ujarnya.

Awalnya pertunjukan ini kerap menggunakan area tanah perkebunan, ladang yang memiliki pohon kelapa cukup banyak, namun saat ini telah berubah.

“Mungkin sekarang karena pohon kelapa sulit diperoleh, jadi cukup pakai bambu saja,” ujarnya.

Ada beberapa ketinggian pohon bambu yang sering dipentaskan di masyarakat mulai paling rendah 7 meter hingga paling tinggi 12 meter. “Biasanya bertahap, namun paling tinggi biasanya sekarang di kisaran 12 meter,” ujarnya.

Ferdi yang menemani sang paman mengakui jika seni Lais sangat mengasikan, meskipun berbahaya, namun baginya hal itu justru menjadi hiburan tersendiri. “Enak saja, mungkin karena sudah biasa,” ujarnya.

Menurutnya, seni Lais membutuhkan konsentrasi cukup tinggi, sehingga dalam setiap mentas, dibutuhkan keyakinan terhadap kemampuan yang kita miliki.

“Kalau sudah naik (di atas ketinggian) kita serahkan saja pada kekuasaan Alloh, berdoa saja,” ujarnya.

Ia mengakui dalam setiap gelaran seni Lais yang dipentaskan, ada beberapa ritual yang harus dilakukan, namun hal itu semata untuk menjaga keselamatan.

“Tidak ada yang aneh, intinya kita harus belajar dan bekerja keras untuk meraihnya,” ujar dia dengan senyum manisnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2VzYFSh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aksi Akrobat Gila Pemain Lais, Sirkus Ala Garut"

Post a Comment

Powered by Blogger.