Search

Pasar Kaget Mewarnai Pemilu 2019 di Afrika Selatan

Liputan6.com, Cape Town - Warga Negara Indonesia (WNI) di Afrika Selatan dikabarkan antusias mengikuti Pemilu 2019. Lebih dari 200 orang menghadiri pesta demokrasi Indonesia pada Sabtu, 13 April 2019.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) terletak di KBRI Pretoria, Jalan Francis Baard St. Arcadia 949. Turut berpartisipasi pula Duta besar Indonesia untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi, beserta istrinya.

Namun, tidak semua WNI calon pemilih datang ke TPS di kompleks KBRI. Sebagian dari mereka ada juga yang menggunakan hak pilihnya dengan cara mengirimkan lewat pos.

Selain pegawai KBRI, pemilih WNI di negara tersebut terdiri dari tenaga kerja di bidang teknik informatika (IT). Banyak juga mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Pesantren Islamic Darul Uloom, Johannesburg.

Seperti di negara-negara lainnya di luar Indonesia, WNI di Afrika Selatan hanya memillih perwakilan di legislatif dan presiden (serta wakil presiden).

Pencoblosan kali ini juga dimanfaatkan oleh orang-orang berkebangsaan Indonesia di Afrika Selatan sebagai ajang silaturahmi.

"Kami jadi bisa bertemu kangen dengan sesama warga yang sudah lama tak berjumpa," ujar Santi Deviana, salah seorang WNI di Afrika Selatan. "Banyak juga yang sekalian lapor diri ke KBRI."

Meski tak menetap di Indonesia, Santi berharap pemilu ini akan menghasilkan Indonesia yang lebih baik ke depannya. "Semoga Indonesia semakin damai dan semakin maju, siapa pun pemimpinya nanti," ujar Santi, yang datang bersama sang suami, Riko.

Hal menarik lainnya, Pemilu Indonesia di Afrika Selatan juga diramaikan dengan pasar kaget yang digelar ibu-ibu Darma Wanita KBRI.

Tak hanya menjual berbagai barang dan pakaian khas Indonesia, seperti batik, di pasar kaget juga disediakan bermacam makanan khas Indonesia, seperti sate ayam, rendang, soto kikil, serta mi kornet.

"Jadi, setelah nyoblos, kita makan-makan..ha,ha,ha...," ujar Santi. (Edu Krisnadefa)

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Kxmads

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasar Kaget Mewarnai Pemilu 2019 di Afrika Selatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.