Search

Pemandangan Unik Kanguru Berjemur di Pesisir Australia Barat

Sejak lama, Australia dikenal memiliki persentase spesies endemik yang tinggi, di mana berarti bahwa keunikan alam tersebut sulit ditemukan di tempat lainnya di dunia.

Selain menjadi habitat beberapa hewan ikonik Australia, seperti kanguru merah dan quokka, negara bagian Australia Barat juga memiliki 141 dari 207 spesies mamalia Australia, 439 spesies reptil, 1.600 spesies ikan dan lebih dari 12.000 spesies bunga liar.

Lahan basah di Australia Barat mendukung warisan alam yang kaya akan kehidupan tumbuhan dan hewan. Sistem ini meliputi hutan bakau pasang surut, pasir dan lumpur, danau pantai, sistem air bawah tanah, dan rawa-rawa.

"Keanekaragaman hayati di seluruh pesisir Australia berada di peringkat kedua tertinggi dari 18 hotspot sejenis di dunia, dan terendah keempat dalam hal ancaman kerusakan," jelas Adamson.

"Menariknya, sebagian besar berada di Australia Barat," lanjutnya menambahkan bahwa negara bagian terkait memiliki kompleksitas iklim yang tinggi, mulai dari tropis di utara, gurun di bagian tengah, sub tropis, hingga semi Antartika di sisi paling selatan.

Di sepanjang 12.500 kilometer garis pantai Australia Barat, serta pulau-pulau di sekitarnya, merupakan habitat alami bagi lumba-lumba liar, lintasan migrasi paus, dan beberapa lingkungan laut paling beragam di Bumi.

Salah satu dari 18 titik penting keanekaragaman terumbu kaerang dunia, membentang ratusan kilometer dari kawasan Ningaloo Reef di utara ke Shark Bay di selatan. Dalam jarak tersebut, dapat ditemui kawanan kura-kura, duyung, hiu karang, manta ray, dan ikan terbesar di laut, hiu paus.

Lalu, di jantung pusat Australia Barat, terdapat sebuah bentang pedalaman terbesar seantero negeri berjuluk Golden Outback. Di sini, lanskap gurun yang luas terbuka berpadu indah dengan ngarai, yang membentuk habitat alami untuk beragam bunga dan satwa liar.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2UMpDJ8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemandangan Unik Kanguru Berjemur di Pesisir Australia Barat"

Post a Comment

Powered by Blogger.