Search

PM Israel Sebut Palestina Tidak Akan Pernah Merdeka

Liputan6.com, Tel Aviv - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini memberikan pernyataan kontroversial. Ia mengumumkan akan memperluas kedaulatan Israel atas pemukiman di wilayah Tepi Barat (West Bank) jika kembali terpilih dalam pemilu.

Ia juga mengatakan negara Palestina tidak akan pernah terbentuk.

"Itu tidak akan pernah terjadi," kata Netanyahu dalam sebuah wawancara pra-pemilu dengan media lokal Israel berbahasa Ibrani, Arutz 7.

Netanyahu menegaskan bahwa ia juga akan "mempertahankan Yerusalem," sebagaimana dikutip dari Sputnik News pada Senin (8/4/2019). Mengingat Yerusalem dianggap oleh rakyat Palestina sebagai ibu kota masa depannya.

"Saya akan mempertahankan kendali Israel di seluruh wilayah barat Sungai Yordan," lanjutnya.

Pernyataan kontroversial tersebut muncul setelah sang PM Israel berencana akan menganeksasi sebagian wilayah Tepi Barat pasca pemilihan umum 9 April 2019. Hal itu dikatakan sang perdana menteri dalam sebuah wawancara di TV Israel.

"Anda bertanya apakah kami pindah ke tahap berikutnya - jawabannya adalah ya, kami akan pindah ke tahap berikutnya," katanya, seperti dilansir BBC.

"Saya akan memperluas kedaulatan (Israel) dan saya tidak membedakan antara blok pemukiman dan pemukiman terisolasi."

Seorang juru bicara untuk pemimpin Palestina Mahmoud Abbas merespons: "Segala tindakan dan pengumuman tidak akan mengubah fakta. Pemukiman itu ilegal dan mereka akan dihapus."

Takut Kehilangan Suara

Langkah agresif Netanyahu tersebut diberikan menyusul pernyataan Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett beberapa waktu lalu.

Bennet sempat menuduh bahwa Netanyahu dan Presiden AS Donald Trump berencana mendirikan negara Palestina di Tepi Barat dan membagi Yerusalem untuk dua negara dalam "satu atau dua hari setelah hari pemilihan."

Merasa tidak terima, Netanyahu menggambarkan tuduhan itu sebagi tidak berdasar. Hal itu mengingat, pernyataan Bennet dapat memperkecil dukungan sebagian rakyat Israel terhadapnya dalam pemilu mendatang.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2OTMtcx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PM Israel Sebut Palestina Tidak Akan Pernah Merdeka"

Post a Comment

Powered by Blogger.