Search

Politisi Partai Republik Jadi Kandidat Capres AS 2020, Saingan Donald Trump?

Liputan6.com, Washington DC - Politisi Partai Republik sekaligus mantan Gubernur Negara Bagian Massachussetts, Bill Weld mencalonkan diri sebagai kandidat capres Amerika Serikat menjelang Pilpres 2020.

Ia merupakan anggota Republik pertama yang menantang Presiden AS Donald Trump, yang sebelumnya mengatakan akan kembali maju dalam pemilihan tahun depan.

Weld (73) telah merilis video kampanye yang kontras gayanya dengan presiden saat ini.

Tapi dia menghadapi perjuangan berat untuk mengambil alih partai Republik yang telah dirancang ulang sesuai dengan citra Donald Trump.

Weld adalah gubernur Massachusetts dari 1991-97 setelah bertugas di Kementerian Kehakiman AS (DoJ) di bawah Presiden Ronald Reagan.

Ia juga pernah menjadi kandidat cawapres pada pilpres 2016, mendampingi kandidat capres Gary Johnson. Keduanya maju dari Partai Libertarian. Namun, partai ke-3 terbesar di AS itu tak mendapatkan slot dalam putaran final pemilihan.

"Saya benar-benar berpikir jika kita memiliki enam tahun lagi hal yang sama yang kita miliki dari Gedung Putih dalam dua tahun terakhir, maka itu akan menjadi tragedi politik," katanya di CNN, seperti dikutip dari BBC, Selasa (16/4/2019).

"Jadi saya akan malu pada diri sendiri jika saya tidak mengangkat tangan dan maju."

Video kampanye Weld menggembar-gemborkan kredensialnnya sebagai seorang politisi Republik yang 'lintas partai', karena pernahh terpilih di kantung suara Demokrat di Massachusetts.

Produksi tiga menit itu kontras catatannya dengan klip pernyataan provokatif oleh Trump.

Video selesai dengan slogan: "A Better America Starts Here."

Tetapi menggarisbawahi peluang kecil baginya, para pemimpin partai segera menolak kampanye Weld.

"Setiap upaya untuk menantang pencalonan presiden pasti akan sia-sia," kata Komite Nasional Partai Republik dalam pernyataannya.

Menurut jajak pendapat Gallup terbaru, 89% pemilih Republik masih menyetujui presiden Donald Trump.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2UEUjN3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Politisi Partai Republik Jadi Kandidat Capres AS 2020, Saingan Donald Trump?"

Post a Comment

Powered by Blogger.