Search

Selama 99 Tahun, Wanita Ini Hidup dengan Organ Tubuh yang Salah Posisi

Liputan6.com, Salem - Seorang wanita tua di Amerika Serikat, Rose Marie Bentley, meninggal pada usia 99 tahun karena sebab alami pada dua tahun lalu.

Namun selama hidup, dia tak pernah menyadari ada sesuatu yang aneh di dalam tubuhnya, yakni organ-organ yang salah posisi atau tak sesuai dengan tempatnya, seperti manusia pada umumnya.

Temuan ini diketahui oleh para ilmuwan di Oregon Health and Science University, Portland, ketika membedah badan Bentley. Sebelum wafat, nenek ini berwasiat bahwa dia hendak menyumbangkan organnya untuk penelitian di kampus tersebut.

Periset menambahkan, apa yang terjadi pada perempuan renta pemilik toko pakan hewan itu kemungkinan disebabkan oleh kondisi bawaan yang langka.

Siswa-siswi kelas anatomi adalah pihak pertama yang mendapati banyak organ Bentley tidak berada di tempat yang seharusnya. Meskipun telah dilakukan banyak operasi, tetapi kondisinya belum teridentifikasi.

Dokter pun terkejut saat mengetahui fakta bahwa wanita tua yang meninggal pada Oktober 2017 ini dapat menjalani hidup yang panjang dan sehat, meskipun kondisinya tak masuk akal.

Bentley memiliki situs inversus dengan levocardia (situs inversus with levocardia), yang berarti hati, usus, dan organ perutnya terbalik --dari kanan ke kiri. Namun hatinya tetap dalam posisi normal, di sisi kiri tubuh.

"Kondisi ini sangat luar biasa", kata Dr Cam Walker, asisten profesor anatomi di Oregon Health and Science University, yang membantu siswa di kelasnya mengungkap misteri tubuh Bentley.

Dr Walker mengatakan kepada BBC yang dikutip pada Rabu (10/4/2019), penemuan itu dimulai ketika murid-muridnya membedah rongga kardiovaskular dan tidak dapat menemukan pembuluh darah utama di sana.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2G2pRm8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selama 99 Tahun, Wanita Ini Hidup dengan Organ Tubuh yang Salah Posisi"

Post a Comment

Powered by Blogger.