Search

Sempat Dirawat di Rumah Sakit karena Infeksi Dada, Begini Kondisi Dalai Lama

Liputan6.com, Lhasa - Pemimpin spiriitual Tibet, Dalai Lama, dirawat di rumah sakit karena infeksi dada pada Selasa malam, 9 April 2019. Meski demikian, seorang ajudannya menyebut bahwa kondisi biksu 83 tahun itu stabil.

Sakit yang dirasakan oleh Dalai Lama terjadi usai ia menghadiri sebuah pertemuan dengan para pemimpin pemuda di New Delhi, menurut laporan sekretaris pribadinya, Tenzin Taklha, dalam wawancara bersama News 18.

Saat dia sudah sampai di tempat tinggalnya di Dharamsala, kawasan Himalaya, India, Dalai Lama mengeluhkan dadanya terasa nyeri. Ketika itulah, dia langsung dilarikan ke rumah sakit.

Taklha mengatakan, tim dokter mendiagnosis Dalai Lama terkena infeksi dada dan dia harus menjalani perawatan selama dua atau tiga hari di rumah sakit.

Bulan lalu menandai 60 tahun sejak Dalai Lama melarikan diri dari Tibet ke pengasingan di India usai pemberontakan yang gagal, menyusul kedatangan pasukan China di Tibet dan ribuan orang melarikan diri melintasi perbatasan.

Sejak waktu itu, Dalai Lama --yang dihormati sebagai dewa yang hidup oleh jutaan umat Buddha di Tibet-- telah menjadikan India sebagai rumahnya.

Rakyat Negeri Taj Mahal secara resmi memanggilnya sebagai "tamu kami yang paling mulai dan terhormat."

Dari kediamannya di sana, Dalai Lama berkeliling dunia, menjadi ikon, baik secara budaya maupun agama. Tahun lalu, ia memutuskan untuk mengurangi jadwalnya yang sibuk dengan alasan usia dan faktor kelelahan.

Belum diketahui siapa yang akan menggantikannya ketika Dalai Lama wafat nanti, bagaimana pemilihannya atau apakah akan ada 'Dalai Lama lain'.

Secara tradisional, gelar ini diberikan pada pemimpin tertinggi dalam Buddhisme Tibet yang dianggap sebagai reinkarnasi dari barisan guru agama yang diagungkan.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Dalai Lama pernah ditanya tentang sesuatu yang mungkin terjadi pasca-kematiannya. Ia mengantisipasi dugaan upaya Beijing untuk meniadakan penggantinya pada umat Buddha Tibet.

"Di masa depan, jika Anda melihat dua Dalai Lama datang, satu dari sini, di negara bebas, sedangkan satu lagi dipilih oleh orang China, dan kemudian tidak ada yang akan percaya, tidak ada yang akan menghormatinya (yang dipilih oleh China)," tuturnya.

"Jadi, itu masalah tambahan bagi Tiongkok. Itu (Dalai Lama baru) mungkin ada, bisa terjadi," lanjutnya sebagaimana dilansir dari CNN, Rabu (10/4/2019).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, pernah menyampaikan pada Maret kemarin bahwa reinkarnasi para Buddha yang masih hidup, termasuk Dalai Lama, harus mematuhi hukum dan peraturan Tiongkok.

Selain itu, mereka pun wajib mengikuti ritual keagamaan dan konvensi bersejarah Negeri Tirai Bambu.

Saksikan videonya berikut ini:

Dalai lama alami infeksi pada bagian dada hingga dilarikan ke rumah sakit New Delhi. Dalai lama akan menjalani perawatan selama beberapa hari.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2VAAW4m

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sempat Dirawat di Rumah Sakit karena Infeksi Dada, Begini Kondisi Dalai Lama"

Post a Comment

Powered by Blogger.