Search

Cyril Ramaphosa Resmi Dilantik Sebagai Presiden Baru Afrika Selatan

Liputan6.com, Pretoria - Cyril Ramaphosa bersumpah akan membawa "era baru" setelah dilantik sebagai presiden Afrika Selatan pada Sabtu 25 Mei. Ia berjanji untuk menghidupkan kembali gairah ekonomi dan juga memerangi korupsi.

Dikutip dari The Straits Times pada Minggu (26/5/2019), kepala negara asing lebih dari 40 negara sahabat hadir di antara 36.000 orang yang menyaksikan pelantikan Ramaphosa.

Penghormatan militer dan aksi akrobatik oleh angkatan udara Afrika Selatan turut meramaikan pelantikan yang digelar di sebuah stadion rugby di ibu kota Pretoria.

Ramaphosa, yang tahun lalu menjadi presiden atas pemilihan politik internal oleh partai Kongres Nasional Afrika (ANC), kembali menerima mandat populis pasca-pemilu yang digelar pada 8 Mei lalu.

Setelah dilantik, Ramaphosa akan menghadapi perjuangan berat untuk mendorong reformasi meluas guna mengurangi tingkat pengangguran kronis, ketidaksetaraan, kejahatan, dan korupsi endemik.

"Sebuah era baru telah tiba di negara kita. Hari yang lebih cerah sedang dirajut di Afrika Selatan," kata Ramaphosa.

"Ini adalah momen yang menentukan bagi negara muda seperti kita. Ini adalah waktu bagi kita untuk membuat masa depan yang kita dambakan," lanjutnya.

Sementara itu, korupsi yang masih merajalela dan rapuhnya perekonomian Afrika Selatan telah melemahkan dukungan terhadap ANC.

Partai ini memenangkan 57,5 ​​persen suara pada pemilu 8 Mei, yang merupakan hasil terlemah sejak penghapusan apartheid, 25 tahun silam.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Wpngg8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cyril Ramaphosa Resmi Dilantik Sebagai Presiden Baru Afrika Selatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.