Search

Durian Makin Populer di China, Peluang Ekspor untuk Indonesia?

"Durian paling enak jika dimakan segar. Untuk menarik lebih banyak turis China, cara terbaik adalah membawanya ke sini untuk dinikmati saat masih sangat segar," ujar Steel Zhao, manajer pemasaran Tourism Malaysia di China, kepada Kantor Berita Nasional Malaysia.

Tapi tidak seperti di China, tidak ada pelarangan untuk mengimpor durian Malaysia ke Hong Kong.

Durian blogger di Malaysia, Sarita Low mengatakan kepada ABC ada banyak turis asal China datang ke Malaysia hanya untuk membeli durian.

Menurut Sarita, orang-orang rela membayar lebih dari AU$ 82 atau lebih dari Rp 800 ribu untuk sebuah durian. Harganya bahkan bisa lebih jika sedang tidak musim durian, yang bisa mencapai ratusan dolar.

"Semua buah segar durian asal Malaysia datang lewat Hong Kong, dimana biaya logistik, perdagangan, dan harga real estat berpengaruh pada kenaikan harga," ujarnya.

Belakangan ini tur durian ke Malaysia menjadi populer di kalangan warga China, hanya untuk membeli durian yang banyak.

"Saya ingat orang-orang lokal marah kepada para penjual durian karena satu bus yang penuh berisi warga China turun dan menggerubuti kios durian, dan mereka makan dan memoborong hampir semua durian, sehingga penjual menaikkan harganya," ujar Sarita.

Penulis dan pakar durian, Lindsay Gasil yang menulis buku berjudul 'The Durian Tourist's Guide to Penang" telah melihat secara langsung dampak dari permintaan durian di China.

"Sejumlah kebun durian, tempat yang biasanya saya beli durian, kini hanya memasok ke China," ujar Lindsay.

"Mereka bisa mendapat dua kali lipat jika dijualnya di China."

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2wj3rc2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Durian Makin Populer di China, Peluang Ekspor untuk Indonesia?"

Post a Comment

Powered by Blogger.