Search

Akhiri KTT, Kim Jong-un dan Moon Jae-in Kunjungi Gunung Sakral Korut

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengunjungi Gunung Paektu yang sakral di utara Korut pada Kamis 20 September 2018. Gelaran itu menandai akhir dari pertemuan tingkat tinggi kedua pemimpin di Pyongyang yang telah berlangsung sejak Selasa 19 September 2018.

Perjalanan mereka ke gunung yang terletak di dekat perbatasan Korea Utara-China, beserta foto-foto mencolok yang akan beresonansi di kedua Korea, merupakan 'pemanis' dari berbagai hasil kesepakatan yang mereka peroleh usai KTT pertengahan pekan ini --di mana keduanya menggembar-gemborkan hal itu sebagai 'langkah besar menuju perdamaian.'

Foto-foto menunjukkan para pemimpin tersenyum lebar ketika mereka berpose di puncak Gunung Paektu, dengan para istri tersenyum di sisi mereka, demikian seperti dikutip dari Time.com, Kamis (20/9/2018).

Gunung Paektu memiliki makna yang berbeda untuk kedua Korea.

Bagi Korea Utara, gunung itu dijadikan simbol propaganda yang digunakan untuk melegitimasi kekuasaan keluarga Kim, serta meminjamkan nama Paektu ke segala sesuatu, mulai dari roket hingga pembangkit listrik.

Banyak orang Negeri Ginseng juga merasa tertarik dengan gunung berapi itu, yang menurut mitologi Korea, adalah tempat kelahiran Dangun, pendiri kerajaan Korea kuno pertama, dan telah lama dianggap sebagai salah satu tempat paling indah di semenanjung.

Moon Jae-in berencana untuk kembali ke Korea Selatan pada Kamis sore waktu setempat.

Dibandingkan dengan bahasa yang tidak jelas dari pertemuan awal mereka pada April 2018, tatap muka Kim Jong-un dan Moon Jae-in pada September ini tampaknya telah menyetujui sebuah program realistis ambisius yang dimaksudkan untuk mengatasi ketegangan yang melonjak tahun lalu yang memiliki banyak ketakutan akan perang ketika Korea Utara menguji serangkaian senjata nuklir dan rudal yang semakin kuat.

Simak video pilihan berikut:

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta istrinya mendarat di bandar udara Pyongyang, Korea Utara. Moon disambut pelukan hangat pemimpin Korut Kim Jong-un.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2xAbssW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhiri KTT, Kim Jong-un dan Moon Jae-in Kunjungi Gunung Sakral Korut"

Post a Comment

Powered by Blogger.