Search

Magis Pagi di Pulau Komodo, The Land of The Dragon Princess

Liputan6.com, Manggarai Barat - Pagi tak pernah ingkar janji, ia datang dengan kesejukannya yang magis, termasuk sejuknya pagi di Labuan Bajo. Pelabuhan kecil yang tak pernah sepi dari aktivitas wisatawan ini menjadi pintu masuk untuk menjelajahi keindahan pesona Taman Nasional Komodo.

Apalagi pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang wisata yang masif membuat kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk sampai ke Pulau Komodo dari dermaga Labuan Bajo menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan speed boat. Waktu tempuh ini akan lebih lama jika menggunakan perahu biasa.

"Wisatawan yang ingin ke Pulau Komodo biasanya disatupaketkan dengan kunjungan ke Pink Beach dan Pulau Rinca, tetapi ada juga yang mampir ke Pulau Padar," ucap Gonzales, pemandu wisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia chapter Flores kepada Liputan6.com.

Saat tiba di Pulau Komodo, ranger langsung menjelaskan secara umum gambaran pulau tersebut. Ada empat jenis trekking yang bisa dipilih wisatawan, yaitu adventure, long track, medium track, dan short track. 

Jacky, salah seorang ranger Taman Nasional Komodo mengungkapkan, Panjang track adventure 8 km, dapat ditempuh selama 4-5 jam. Sedangkan untuk long track panjangnya 4 km selama 2 jam, medium track 2 km selama 1 jam, dan short track hanya 1 km, tidak lebih dari setengah jam perjalanan.

Sebelum petualangan menjelajahi Pulau Komodo dimulai, Jacky mewanti-wanti kepada para wisatawan tentang perihal yang tidak boleh dilakukan selama treking. Ada peraturan Taman Nasional Komodo yang harus dipatuhi, yaitu jangan berpisah dari kelompoknya, satu kelompok terdiri dari 10 orang. Jangan buang sampah sembarangan.

"Dan kalau melihat komodo jangan coba-coba menyentuhnya. Agar memudahkan pemandu, rombongan jangan terpecah," tutur Jacky.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2xH8XoL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Magis Pagi di Pulau Komodo, The Land of The Dragon Princess"

Post a Comment

Powered by Blogger.