Search

Cerita Warga Dusun Lepaskan Mangsa dari Gigitan Harimau Sumatra

Selama tim BBKSDA berada di lokasi, belum ada pertemuan langsung dengan harimau. Begitu dengan warga setempat yang hanya mendengarkan suara auman tanpa melihat sosok harimau secara langsung. Petugas hanya menemukan jejak, di pinggir hutan yang berbatasan dengan perkampungan itu.

"Tidak sampai masuk ke pemukiman," tegas Hutomo.

Di samping itu, Hutomo menyatakan, dusun tersebut masuk dalam kawasan habitat harimau. Tak heran kemudian ada kemunculan harimau di sana karena sebagian besar wilayahnya masih hutan.

Hutomo menyatakan, Dusun Teluk Nibung sulit ditempuh jalur darat. Transportasi untuk ke lokasi memakai speed boat dan butuh dua jam waktu tempuh dari Tembilahan, Ibu kota Kabupaten Indragiri Hilir.

"Memang jauh lokasinya dan masuk kawasan habitat harimau," kata Hutomo.

Meski dinyatakan habitatnya, BBKSDA belum bisa memastikan beberapa individu harimau di sana, karena kawasan hutannya luas. Dan untuk harimau yang beberapa hari belakangan menyerang ternak warga diduga hanya satu ekor. Hal itu didasarkan jejak yangb ditemukan.

"Ukurannya sama, kesimpulannya hanya satu ekor," kata Hutomo.

Menurut Hutomo, harimau ini hanya menyerang ternak milik warga yang berada di pinggir hutan. Jadi, tidak masuk di perkampungan. Ke depannya, BBKSDA meminta warga untuk membuat kandang ternak dan tak melepaskan sapi dan kambing ke pinggir hutan. Supaya tak ada lagi ternak warga yang menjadi korban lagi.

"Sudah disosialisasikan oleh tim di lapangan dan aparat desa di sana," sebut Hutomo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Koleksi Taman Margasatwa Medan atau Medan Zoo bertambah dengan kelahiran dua ekor Harimau Benggala.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NvBNDs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Warga Dusun Lepaskan Mangsa dari Gigitan Harimau Sumatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.