Search

SDN Cibeber Indramayu, Jumlah Siswa Tiap Kelas Bisa Dihitung dengan Jari Tangan

Liputan6.com, Indramayu - Suasana sepi dan hening terasa di setiap ruang kelas SDN Cibeber, Desa Cibeber, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Tidak ada suara gaduh dalam setiap aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut. Bukan tanpa sebab, heningnya aktivitas belajar mengajar karena diketahui minimnya jumlah siswa.

Pantauan di lokasi, enam bocah berseragam putih merah tampak asyik menggoreskan pensil warna pada sehelai gambar yang ada di atas meja mereka. Sementara seorang guru muda, berdiri di depan kelas dan memerintahkan para siswanya itu untuk menuliskan nama masing-masing pada gambar yang telah selesai diwarnai.

"Di sini kebanyakan minat warga sekolah di Madrasah Ibtidaiyah," kata Kepala Sekolah SDN Cibeber Indramayu Bagyana, Senin (10/9/2018).

Suasana sepi di dalam ruang kelas pun tak hanya terlihat di ruang kelas satu, melainkan di lima kelas lainnya di sekolah tersebut. Dia mengaku, kelima kelas yang lain juga memiliki jumlah siswa yang minim.

Dia menyebutkan, secara keseluruhan jumlah siswa di SDN Cibeber Indramayu sebanyak 42 siswa. Terdiri dari sembilan siswa kelas 2, lima siswa di kelas 3, sembilan siswa di kelas 4, lima siswa di kelas 5, dan delapan siswa di kelas 6.

"Minatnya memang rendah sejak beberapa tahun kemarin," ujar dia.

Padahal SDN Cibeber merupakan satu-satunya SD Negeri di desa Cibeber, Kabupaten Indramayu. Dua sekolah lainnya yakni MI berstatus swasta.

Bagyana mengatakan, di sekolah tersebut terdapat empat guru PNS dan empat tenaga sukarelawan. Ironisnya, selama sekolah berdiri, para tenaga pengajar terus berusaha mencari siswa.

"Padahal sekolah di sini gratis," kata Bagyana.

Dia bersama tenaga pengajar lain tak lelah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Mengumpulkan semua stakeholder mulai dari tingkat RT dan RW, mengajak para orang tua agar menyekolahkan anak-anak mereka ke SDN Cibeber Indramayu.

Sayang, hingga saat ini usaha yang mereka lakukan belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2wZygC3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "SDN Cibeber Indramayu, Jumlah Siswa Tiap Kelas Bisa Dihitung dengan Jari Tangan"

Post a Comment

Powered by Blogger.