Search

Korea Utara Segera Izinkan Pihak Internasional Cek Fasilitas Nuklirnya

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara sedang mempersiapkan tempat uji coba nuklir dan satelitnya, agar dapat diperiksa oleh inspektur internasional, menurut kabar dari pejabat Korea Selatan pada Selasa 30 Oktober 2018.

Jika terlaksana, itu akan menjadi pertama kalinya Korea Utara mengizinkan inspektur internasional masuk ke negaranya untuk mengecek fasilitas mereka.

Pejabat intelijen Korea Selatan telah mengamati apa yang mereka yakini sebagai persiapan Korea Utara untuk inspeksi yang mungkin dilakukan di tempat uji coba nuklir Punggye-ri dan tempat peluncuran Satelit Sohae, kata Kim Min-ki dari Partai Demokrat yang berkuasa seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (31/10/2018).

"Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengamati warga Korea Utara melakukan persiapan dan kegiatan intelijen yang tampaknya sedang dipersiapkan untuk kunjungan para pengawas asing", tambah politisi itu dalam sesi audit parlementer rutin lembaga-lembaga pemerintah Korea Selatan.

Beberapa fasilitas di situs uji coba Punggye-ri secara resmi telah ditutup pada bulan Mei, ketika Korea Utara mengundang beberapa wartawan internasional untuk mengamati proses penghancuran salah satu terowongan di mana tes nuklir sebelumnya dilakukan di tempat itu.

Tapi, penghancuran fasilitas di Punggye-ri dipertanyakan oleh para ahli pada saat itu, dengan mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah fabrikasi dan simbolik semata. Kecurigaan itu juga diperkuat ketika peralatan pemantau radiasi yang dibawa oleh wartawan disita oleh para pejabat Korea Utara.

Kendati demikian, media dan organisasi pemantau Korea Utara tidak melaporkan adanya aktivitas berarti di Punggye-ri sejak Mei 2018.

Simak video pilihan berikut:

Terkait erangan ransomware WannaCry yang menghebohkan ratusan negara sejak beberapa hari lalu, dua perusahaan antivirus, Symantec dan Kaspersky, mencurigai hacker Korea Utara (Korut) punya andil dalam serangan tersebut.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Q56aOd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korea Utara Segera Izinkan Pihak Internasional Cek Fasilitas Nuklirnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.