Search

Merayu Lebah untuk Tingkatkan Produksi Pertanian Ala Profesor Unsoed

"Hal ini dipengaruhi oleh keragaman tumbuhan liar berbunga dan intensitas cahaya yang tinggi," dia menerangkan, dikutip dari pidatonya saat dikukuhkan menjadi Guru Besar Etnomologi Unsoed, Jumat, 26 Oktober 2018.

Lantas, Imam mencoba membuat sebuah model rekayasa ekosistem yang sesuai dengan petani di Indonesia dengan menggunakan teknologi yang sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan yang tinggi bagi petani dan memberikan keuntungan ekonomis bagi petani.

"Konsep dasar rekayasa ekosistem yang saya kembangkan adalah bagaimana membuat ekosistem bentang lahan pertanian (agriculture landscape) sesuai dengan kebutuhan hidup serangga penyerbuk," ujarnya.

Imam membuat ekosistem serangga penyerbuk dengan memanfaatkan empat spesies tumbuhan liar terbukti dikunjungi serangga penyerbuk sepanjang hari yaitu, Cleome rutidosperma, Borreria laevicaulis, Euphorbia heterophylla, and Tridax procumbers.

Selanjutnya, keempat spesies tumbuhan liar berbunga ini diujicobakan sebagai pengaya lahan pertanian dengan tanaman pokok kacang panjang, buncis, tomat, cabai dan stroberi dengan jumlah 0,5,10 dan 15 persen luas lahan.

Penggunaan lebah madu (Apis cerana javana, A.mellifera dan Trigona laeviceps) pada sistem pertanian terbuka maupun tertutup menunjukkan hasil terjadinya peningkatan produksi dan mutu buah stoberi.

Keragaman dan kelimpahan serangga penyerbuk berhubungan erat dengan ketersediaan sumber pakan dan tempat bersarang yang banyak tersedia pada habitat hutan rakyat. Selain hutan rakyat, hutan tanaman juga mendukung keberadaan keragaman dan kelimpahan serangga penyerbuk.

"Berdasarkan komposisi spesiesnya serangga penyerbuk yang paling banyak ditemukan adalah anggota Hymenoptera yaitu lebah dan tawon," dia menerangkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Ocaiu7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merayu Lebah untuk Tingkatkan Produksi Pertanian Ala Profesor Unsoed"

Post a Comment

Powered by Blogger.