Search

Sedapnya Nyaneut, Minum Teh Bersama di Garut

Di tengah cuaca kawasan Cigedug yang terkenal dingin menggigil, acara nyaneut memang semakin seru dengan tampilan kesenian lokal yang cukup menghibur, seperti marawis, kaulinan barudak lembur, geprak tongkat, terebangan, orasi budaya, angklung buncis, karinding, hingga gelaran wayang golek sebagai penutup kegiatan.

Anggota Komisi Pendidikan DPR Ferdiansyah mendukung penuh gelaran itu. Menurutnya, festival nyaneut harus mampu naik kelas menjadi kegiatan wisata dunia dari Garut.

"Kenapa di Jepang ada budaya minum teh, kok di Garut penghasil teh kelas dunia tidak ada," ujar dia menyindir.

Menurutnya, sejak zaman penjajahan Belanda, teh hijau Garut terutama dari daerah Bayongbong, Cigedug dan Cikajang, sudah menjadi komoditas unggulan teh dunia. Namun, seiring berjalannya waktu, pamor mereka justru redup.

"Makanya nyaneut ini harus dijadikan media untuk mengangkatnya kembali," pinta dia.

Dalam lima tahun perjalanannya, lembaganya menilai, festival nyaneut berpotensi menjadi magnet objek wisata baru untuk menarik jumlah wisatawan baik lokal maupun global. "Ke depanya buat lagi kegiatan ini agar lebih atraktif dengan ragam kesenian," kata dia.

Dengan upaya itu, ia berharap festival nyaneut bisa menjadi agenda rutin tahunan yang digelar secara periodik oleh pemerintah, baik pusat atau daerah.

"Kita targetkan lima tahun lagi menjadi kalender provinsi Jabar, 10 tahun lagi atau 2028 menjadi agenda kalender nasional," ujar dia berharap.

Jhon, (50), salah seorang pengunjung lokal warga Garut Kota mengaku terkesan dengan tingginya animo warga dan pengunjung yang menikmati festival itu. Menurutnya, kegiatan tersebut layak dijadikan agenda wisata nasional ke depan.

"Kan kalau daerah lain festival ngopi, di Garut ada ngeteh nyaneut," kata dia.

Dengan banyaknya kegiatan tradisional disajikan di dalamnya. Abang panggilan akrab di kalangan penggiat Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Garut ini, menilai festival nyaneut mampu merekatkan silaturahmi warga. "Istilahnya dengan ngeteh kita bisa tepo sono antar lintas generasi," kata dia.

Ia pun berharap agar Kementerian Pariwisata bisa memasukkan agenda festival nganeut, dalam daftar wisata unggulan nasional dari Garut yang wajib dipublikasikan "Ini kan sudah langka juga, jadi pas kalau dikembangkan lagi," pinta dia.

Meskipun hanya satu tahun sekali, tidak ada salahnya merencanakan menikmati festival itu. Arahkan rute kendaraan menuju lapangan Situgede, Cigedung tidak jauh dari jalan raya Cikajang-Garut, atau hanya satu jam perjalanan dari wilayah Garut kota.

Simak video pilihan berikut ini:

Kalau mau puas mengelilingi kebun teh ini, ada fasilitas mobil Jeep yang siap membawa kita keliling kebun teh.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NYUVow

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sedapnya Nyaneut, Minum Teh Bersama di Garut"

Post a Comment

Powered by Blogger.