Search

FAO: Produksi Pangan Korea Utara Turun Drastis pada 2018, Picu Kelaparan Meluas

Korea Utara secara berkala dilanda kelaparan, dengan ratusan ribu hingga jutaan orang diperkirakan meninggal pada masa paceklik terparah, pertengahan 1990-an.

Negara ini merupakan salah satu dari daftar 40 besar zona rawan kelaparan di dunia, di mana 31 di antaranya berasal dari benua Afrika.

Seluruh negara tersebut, menurut FAO, sangat membutuhkan bantuan pangan dari pihak luar. Namun, beberapa kendala politik, seperti sanksi misalnya, mmebuat angka kelaparan sulit untu dikurangi.

Badan-badan PBB memperkirakan bahwa 10,3 juta orang di Korea Utara membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Tetapi pendanaan donor semakin berkurang, menyusul ketegangan politik atas program senjata nuklir, yang membuatnya masih digelayuti oleh beberapa sanksi internasional.

Kritikus mengatakan bahwa para pendonor telah mengeluhkan ambisi militer Korea Utara yang "terlalu tinggi", di mana membuat kesejahteraan pangan rakyat terabaikan.

Namun, menurut Kepala FAO, David Beasley, mengatakan pada Mei lalu, bahwa dampak kelaparan saat ini di Korea Utara, tidak separah yang terjadi pada 1990-an.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Qt4su5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "FAO: Produksi Pangan Korea Utara Turun Drastis pada 2018, Picu Kelaparan Meluas"

Post a Comment

Powered by Blogger.