Search

Ancaman Badai Siklon Kembar Paksa Evakuasi Besar-Besaran di Australia

Liputan6.com, Darwin - Badai siklon kembar dilaporkan tengah mendekati wilayah Australia Barat dan Northern Teritory (NT) di utara, sehingga memaksa evakuasi besar-besaran pasca-dahsyatnya hantaman Topan Tracey pada 1974 silam.

Evakuasi melalui udara ditangguhkan di NT ketika gabungan badai kembar --yang dinamakan Siklon Trevor-- telah memasuki kategori empat, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (22/3/2019).

Kepala Menteri NT Michael Gunner mengumumkan pada pekan ini bahwa kondisi darurat telah ditetapkan, yang memicu perintah evakuasi terbesar dalam sejarah wilayah tersebut.

Tiga pesawat Royal Hercules C-130 milik Angkatan Udara Australia telah diterbangkan pada Rabu dan Kamis, untuk mengevakuasi orang-orang dari Groote Eylandt dan McArthur River Mine di dekat Kota Borrolool, NT.

Tenda darurat didirikan di lokasi-lokasi evakuasi di Darwin dan Katherine, dua kota utama di wilayah Northern Teritory, untuk menampung pengungsi, dan pusat perlindungan topan publik tengah disiapkan untuk menghadapi ancaman badai.

Semalam, pihak berwenang menunda evakuasi via udara dari Groote Eylandt karena jalur topan telah berubah, kata komandan regional Travis Wurst.

"Groote Eylandt diperkirakan akan merasakan beberapa efek dari topan termasuk angin yang merusak, curah hujan yang tinggi, dan gelombang pasang yang tidak normal," kata pemerintah Northern Territory dalam sebuah pernyataan.

Secara keseluruhan, pemerintah Norrthern Teritory telah memperingatkan warganya untuk memantau peringatan darurat. "Siapkan peralatan darurat Anda, selesaikan rencana Anda, dan ketahui di mana tempat penampungan umum jika Anda perlu pindah ke sana."

Badai siklon Trevor telah meninggalkan jejak kerusakan di semenanjung Cape York di negara bagian Queensland, awal pekan ini. Dampaknya adalah banyak pohon tercerabut, atap berterbangan, serta genangan banjir memaksa jalan dan sekolah ditutup.

Aliran listrik juga dilaporkan terputus di banyak distrik sejak hari Kamis.

Simak video pilihan berikut: 

Daratan Inggris diterjang badai freya yang membawa angin kencang berkecepatan hingga 122 KM/Jam. Hembusan angin kencang mengganggu pesawat-pesawat yang mendarat di bandara Birmingham.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2YdR3Xm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ancaman Badai Siklon Kembar Paksa Evakuasi Besar-Besaran di Australia"

Post a Comment

Powered by Blogger.