Search

Capres, Caleg, Parpol Tak Berkutik Hadapi Peraturan Desa Ini

Liputan6.com, Magelang - Musim kampanye adalah musim sampah visual berserakan. Foto-foto caleg dengan senyum buatan, foto calon presiden dengan gaya sok berwibawa, lambang parpol, semua bertebaran di berbagai tempat, termasuk pepohonan. Mereka menjadi penunggu pohon.

Siklus rutin lima tahunan ini disikapi warga Desa Sawangan Kabupaten Magelang dengan cerdas. Berbekal kesadaran mengembalikan fungsi pohon sebagai peneduh dan paru-paru alam serta menyejukkan mata, mereka sukses melahirkan Peraturan Desa yang bersifat mengikat siapapun. Perdes ini sifatnya operasional mengendalikan sampah visual.

Adalah Kepala Desa Sawangan M. Johan Wahyudi, SE yang mencoba menyalurkan kegelisahan warga dengan kreatif. Menurut Johan pohon adalah makhluk hidup yang harus dihormati. Ia akan merasa sakit jika dipaku, diikat, atau bahkan sampai dipotongi hanya karena menutupi poster wajah politisi dengan segala ambisinya.

"Dari situ lahirlah Peraturan Desa Sawangan nomer 3 tahun 2018 tentang Kebersihan, Keindahan dan Kesehatan Lingkungan. Larangan tentang memasang iklan atau peraga kampanye di pohon tercantum secara jelas pada Bab IV pasal 14 poin e," kata Johan kepada Liputan6.com, Minggu (10/3/2019).

Perdes itu kemudian disempurnakan dengan rambu larangan tertulis di lapangan sehingga bersifat operasional. Tak hanya memasang, para perangkat desa ikut melepas dan membersihkan segala sampah visual yang ada di pepohonan.

"Akhirnya warga ikut aktif melepas peraga kampanye yang dipasang secara sembarangan di pohon-pohon dengan perpegangan pada peraturan desa tersebut. Saya bahkan menyampaikan untuk tidak dipilih bila ada yang masih membandel dengan memasang peraga kampanye di pohon, membuat sampah visual," kata Johan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2J5rC6A

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Capres, Caleg, Parpol Tak Berkutik Hadapi Peraturan Desa Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.