Search

Dua Masjid Target Penembakan Selandia Baru akan Dibuka Lagi untuk Salat Jumat

Liputan6.com, Wellington - Dua masjid target penembakan di Selandia Baru pada Jumat 15 Maret lalu, akan kembali digunakan untuk salat Jumat pada pekan ini.

Masjid Al Noor dan Masjid di Linwood direncanakan akan dibuka kembali esok hari, sepekan pasca-penembakan di Selandia Baru, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, pada Kamis (21/3/2019).

Saat ini, Masjid Al Noor di Kota Christchurch, salah satu lokasi penembakan di Selandia Baru tengah dibersihkan, diperbaiki, dan dicat sebagai persiapan salat Jumat 22 Maret 2019.

Jumlah personel kepolisian yang berjaga di sejumlah masjid Negeri Kiwi juga akan diperbanyak untuk mengawasi ibadah Jumat.

"Kami akan meningkatkan penjagaan besok, untuk memberikan jaminan (keselamatan) bagi orang-orang yang hadir salat Jumat," kata pihak kepolisian dalam sebuah pernyataan pada Kamis, 21 Maret 2019.

Polisi juga mengatakan bahwa proses pengumpulan bukti di tempat kejadian perkara telah dilakukan secepat mungkin, dengan maksud agar masjid dapat segera digunakan kembali.

"Kepolisian telah bekerja tanpa henti, mengerahkan segala kekuatan untuk mengumpulkan bukti yang sesuai dari tempat terjadinya kejahatan, sehingga kami dapat memperbolehkan warga untuk kembali ke masjid sesegera mungkin," pungkas sumber yang sama.

Sebagaimana diketahui bahwa telah terjadi serangan teror dengan 50 orang tewas pada 15 Maret 2019 lalu, bertepatan dengan salat Jumat. Sebagian besar korban adalah imigran, berasal dari Pakistan, India, Turki, Somalia, Afghanistan, Malaysia, Indonesia, dan Bangladesh.

Kepolisian setempat sebelumnya menahan empat orang -- tiga pria dan satu wanita -- diduga terkait penembakan di Selandia Baru.

Seorang tersangka, Brenton Tarrant, pria berkewarganegaraan Australia yang diyakini merupakan pelaku tunggal. Ia telah disidang oleh pengadilan Selandia Baru pada Sabtu lalu, dijatuhi satu dakwaan pembunuhan. Diduga tuntutan terhadapnya akan bertambah pada sidang kedua yang dijadwalkan awal April tahun ini.

Sementara seorang wanita dinyatakan terlibat dalam insiden tersebut sudah dibebaskan karena tak ada bukti yang memberatkanya. Lalu dua orang sisanya masih dalam penahanan menunggu persidangan.

Simak pula video pilihan berikut:

Pangeran Harry dan Meghan Markle ikut berduka dengan penembakan umat muslim di masjid di Christchurch, Selandia Baru.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2TNvePR

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dua Masjid Target Penembakan Selandia Baru akan Dibuka Lagi untuk Salat Jumat"

Post a Comment

Powered by Blogger.