Search

Legenda Baridin Ratminah ala Pendongeng Cirebon

Dia menyampaikan, Legenda Baridin dan Ratminah ini biasanya disampaikan kak Jums ketika peserta dongengnya berusia SMP sampai SLTA. Dia mengakui, Legenda Baridin dan Ratminah menjadi cerita andalannya setiap kali mendongeng.

"Kalau untuk Paud, TK diberi dongeng tokoh binatang, kalau pesertanya siswa SD saya beri cerita pahlawan sesuai dengan karakternya," kata dia.

Namun demikian, dongeng yang dilakukan Kak Jums bukan sekadar dongeng belaka. Kak Jums menyampaikan misi agar pesan moral tersebut dapat menjadi tuntunan hidup.

Menurut dia, menjadi pendongeng tak hanya butuh keahlian dalam bercerita saja. Mendongeng juga membutuhkan keahlian khusus, di antaranya menirukan suara tokoh, binatang.

"Selain itu juga mempelajari komunikasi yang baik, seperti bahasa yang bisa mempengaruhi anak-anak sampai gerak tubuh," kata dia.

Sementara itu, dalam mendongeng, si pendongeng harus cekatan melihat waktu yang diberikan. Oleh karena itu, Kak Jums selalu memperlihatkan keahlian lain di sela mendongeng.

Di antaranya bermain sulap, menjadi badut, hingga memberikan hadiah kepada peserta dongeng itu sendiri.

"Tergantung permintaan ya waktunya terutama dan sulap itu selalu buat ramai suasana," ujar mantan penyiar radio etnik ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Aksi freestyle Polwan Cantik mengendarai motor besar

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2U8SJlP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Legenda Baridin Ratminah ala Pendongeng Cirebon"

Post a Comment

Powered by Blogger.