Search

Respons Kemenag Terkait Ajaran Islam Sejati di Kebumen yang Diduga Melenceng

Islam Sejati juga mengartikan Islam Ahlussunah Wal Jamaah sebagai gotong royong. Padahal, Ahlussunah Wal Jamaah adalah satu kelompok atau firqoh dalam Islam yang dianut mayoritas umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia.

Kitab Islam sejati ditulis dalam bahasa Jawa, dalam dua huruf, yakni huruf latin dan huruf Jawa. Antara bahasan berhuruf latin dan Jawa dipisah.

Nur Sodiq mengemukakan, ada 10 tanda-tanda ajaran Islam yang menyimpang. Di antaranya, menambah atau mengurangi rukun Islam dan Iman. Mengingkari Al Quran dan Hadits sebagai landasan hukum.

Lainnya, mengubah tata cara ibadah seperti pada umumnya. Kemudian, mengkafirkan kelompok lain karena bukan kelompoknya. Kemudian mengingkari salah satu rukun iman dan Islam. Meyakini ada nabi setelah Nabi Muhammad SAW.

Berbeda dengan MUI yang lantang menyimpulkan bahwa ajaran Islam Sejati merupakan ajaran sesat, Kemenag Kebumen masih terkesan hati-hati. Kepala Kemenag Kebumen, Imam Thobroni mengatakan saat ini kitab Islam Sejati masih dikaji oleh Kemenag dan MUI.

Kajian mendalam kitab Islam Sejati itu dilakukan untuk menyimpulkan apakah paham Islam Sejati menyimpang dari kaidah Islam pada umumnya. Hasil kajian akan merangkum di sisi mana penyimpangan tersebut. Menurut dia, kajian mendalam itu penting sebagai bahan untuk disampaikan kepada masyarakat, dalam kerangka pembinaan keagamaan.

"(Kitab Islam Sejati) Itu sedang dikaji bersama MUI. Kita juga akan melakukan pembinaan," ucap Imam, Jumat (8/3/2019).

Dia mengakui, dari kajian awal yang dilakukan oleh MUI dan Kemenag, di buku ini memang ada beberapa hal yang dianggap melenceng. Akan tetapi, Kemenag belum menyimpulkan bahwa ajaran Islam Sejati adalah ajaran sesat.

"Sementara ini kesimpulannya ya aliran yang baru lah. Yang belum terbiasa layaknya di masyarakat kita," dia menerangkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2IYCVgZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Respons Kemenag Terkait Ajaran Islam Sejati di Kebumen yang Diduga Melenceng"

Post a Comment

Powered by Blogger.