Search

Cegah Hoaks Pasca-Teror Bom, Pemerintah Sri Lanka Blokir Banyak Media Sosial

Pemblokiran sementara media sosial menjadi kebijakan umum di Sri Lanka setiap kali terjadi kekerasan skala besar.

Pada Maret tahun lalu, pemerintah Sri Lanka melarang Facebook dan situs media sosial lainnya, setelah laporan tentang serangan terhadap kuil Buddha di Abathanna memicu kerusuhan anti-muslim yang mematikan di Kandy, di mana ratusan rumah dan bisnis dihancurkan oleh kelompok-kelompok Budha garis keras.

Sanjana Hattotuwa, seorang peneliti senior di Pusat Alternatif Kebijakan, yang sedang meneliti media sosial di Sri Lanka, membenarkan bahwa ia telah menyaksikan penyebaran hoaks di media sosial tentang pelaku serangan Paskah.

"Pemerintah akan dibimbing untuk membendung aliran informasi yang salah yang mengarah pada kekerasan kinetik di lapangan," katanya. "Yang tidak jelas adalah apakah ini membantu."

Hattotuwa menambahkan: "Situasinya lancar dan fluktuatif. Apa yang kami temukan adalah bahwa komunitas menjadi sasaran tindakan individu. Karena sekarang berada di domain publik bahwa ini adalah bom bunuh diri, komunitas tertentu akan menjadi sasaran."

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2XxKXQo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Hoaks Pasca-Teror Bom, Pemerintah Sri Lanka Blokir Banyak Media Sosial"

Post a Comment

Powered by Blogger.