Search

Dari Sistem Noken hingga Lunang, Ini 5 Fakta Unik Pemilu di Daerah

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 yang akan digelar Rabu, 17 April 2019, menjadi hari yang paling bersejarah dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pasalnya, baru kali ini pesta demokrasi 5 tahunan ini digelar bersamaan antara pilpres dan pileg.

Ada 575 anggota 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia yang akan terpilih untuk periode 2019–2024. Selain tentunya pemilihan presiden dan wakil presiden untuk periode yang sama.

Namun tahukah Anda, ada beberapa hal unik tentang pelaksanaan Pemilu 2019 yang ada di daerah-daerah di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Berikut rangkuman tim Liputan6.com.

Sistem Noken di Papua

Berbeda dari pemilu di daerah lain, Papua punya kearifan lokal dalam pemilu yang disebut dengan sistem noken. Teknisnya di depan bilik suara disiapkan noken kosong atau sejenis tas khas Papua. Jumlah Noken yang digantung disesuaikan dengan jumlah pasangan calon kepala daerah. Setelah dipastikan semua pemilih dari kampung yang bersangkutan hadir di TPS, selanjutnya KPPS meng-umumkan kepada pemilih (warga) bahwa bagi pemilih yang mau memilih kandidat, baris di depan noken nomor urut satu.

Begitupun seterusnya. Setelah pemilih berbaris di depan Noken maka KPPS langsung menghitung jumlah orang yang berbaris di depan Noken.

Sistem noken dianggap sah jika, Noken digantungkan di kayu dan berada dalam area TPS, pemilih yang hak suaranya dimasukan dalam Noken sebagai pengganti kotak suara harus datang ke lokasi TPS tempat dia berdomisili, dan tak bisa diwakilkan orang lain.

Mahkamah Konstitusi bahkan telah mengakui dan mengesahkan suara pemilu dari sistem noken sebagai kearifan lokal Papua melalui MK Nomor: 47-48/PHPU.A-VI/2009.

Pada Pemilu 2019 ini terdata sebanyak 12 kabupaten di Papua masih menggunakan sistem noken.

Ke-12 kabupaten itu antara lain Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Mamberamo Tengah, Puncak, Puncak Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiai, Yahukimo dan Kabupaten Intan Jaya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2UEFM3X

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dari Sistem Noken hingga Lunang, Ini 5 Fakta Unik Pemilu di Daerah"

Post a Comment

Powered by Blogger.