Search

Diam - Diam Mematikan, Ini Penyebab Burung Kasuari Disebut Hewan Berbahaya

Kasuari terlihat seperti burung purba dengan postur tubuh yang besar dan tinggi, dilengkpai oleh bulu-bulu hitam tebal yang menutupi tubuh mereka, kemudian warna bulu di kepala dan leher adalah biru, gelambirnya berwarna merah. Di atas kepala ada semacam 'mahkota' berwarna coklat muda.

Namun, yang membuat kasuari berbahaya adalah kaki mereka, yang dilengkapi dengan tiga jari kuat dan besar serta kuku tajam bak belati --khususnya jari tengahnya.

"Jika Anda ditendang oleh kasuari dengan 'paku' itu, maka tubuh Anda yang terkena bisa retak parah," papar Eric Slovak, asisten kurator burung di National Zoo di Washington D.C., Amerika Serikat. "Anda tidak mungkin tidak dilarikan ke rumah sakit."

Meskipun berbahaya, kasuari adalah burung yang pemalu dan tertutup, menurut Slovak. Di alam liar, mereka bersembunyi jauh di dalam hutan hujan, tetapi sesekali tak segan untuk menyambangi lingkungan di mana manusia berada, seperti jalan raya atau sebuah permukian.

"Burung ini berbobot 90 kilogram dan tingginya bisa mencapai 1,8 meter, gemar berkeliaran untuk mencari buah-buahan sepanjang hari," Slovak menjelaskan.

Kasuari di National Zoo dipinjamkan sementara ke kebun binatang lain, lantaran kandangnya direnovasi. Slovak menekankan bahwa pihaknya 'mendandani' kandang guna mengambil tindakan pencegahan serius, ketika burung-burung itu berada di dalam kebun binatang.

Kandang mereka dibangun dari pintu dan gerbang untuk memisahkan mereka dari kontak langsung dengan manusia.

"Bukan karena mereka jahat, tetapi karena kita tahu betapa berbahayanya mereka jika mereka ketakutan karena alasan apa pun. Saya tidak akan mengerti mengapa ada orang yang menjadikan kasuari sebagai hewan peliharaan," tambah Slovak.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2GcsT7g

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diam - Diam Mematikan, Ini Penyebab Burung Kasuari Disebut Hewan Berbahaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.