Search

Kumuhnya Rumah Susun Palembang di Tengah Tumpukan Sampah

Liputan6.com, Palembang - Permasalahan sampah di Kota Palembang tidak hanya terjadi di aliran anak Sungai Musi, tetapi juga di pemukiman warga di tengah kota. Salah satunya di Rumah Susun (Rusun) di Kelurahan 24-26 Ilir Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Rusun yang dibangun sejak tahun 1984 ini, berada di tengah Kota Palembang, yaitu di Jalan Radial. Permukiman ini kebanyakan dihuni warga yang masuk kategori perekonomian menengah ke bawah.

Seperti di Blok 19 Rusun Jalan Radial Palembang yang terlihat sangat kumuh dengan tumpukan sampah berbau menyengat.

Menurut Dasril (51), warga rusun Blok 19, tumpukan sampah ini dibuang begitu saja oleh warga di luar kawasannya. Bahkan, dari petugas kebersihan di tempat sekitarnya.

"Lahan ini seharusnya jadi tempat parkir, tapi banyak orang luar yang membuang sampah di sini. Awalnya sedikit, tapi lama-lama menumpuk dan menjadi tempat sampah," katanya kepada Liputan6.com, Senin, 15 April 2019.

Dia bersama warga sekitar berusaha untuk mengurangi tumpukan sampah dengan membakar. Namun, keesokan harinya jumlah tumpukan sampah terus bertambah.

Warga pendatang dari Sumatera Barat (Sumbar) ini, sudah belasan tahun tinggal di rusun. Awalnya permukimannya bersih dari tumpukan sampah di belakang rumah. Namun lama-kelamaan, tumpukan sampah semakin menggunung dan sulit dibuang.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang Amiruddin Sandy, Pemkot Palembang sudah menyediakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sekitar rusun, tetapi memang masih saja banyak yang mengabaikannya.

"Salah satu kendalanya adalah yang tinggal di rusun itu bukan pemiliknya, malah mungkin banyak pendatang yang tidak ada Kartu Tanda Pengenal (KTP) Palembang. Itu yang kami tidak punya datanya," ujarnya.

Kendala tersebut membuat Pemkot Palembang sulit untuk menata warga rusun agar lebih disiplin dalam menjaga kebersihan kawasannya.

Mereka juga sudah berkoordinasi dengan kepala RT/RW, kelurahan, dan kecamatan untuk mengimbau warga rusun, agar tidak membuang sampah sembarangan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2VQcHiE

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kumuhnya Rumah Susun Palembang di Tengah Tumpukan Sampah"

Post a Comment

Powered by Blogger.