Search

Menanti Hasil Sidang Kedua Kasus Megakorupsi 1MDB Najib Razak

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak kembali mendatangi pengadilan pada Senin, 15 April 2019. Dalam sidang kedua, ia masih harus menjawab pertanyaan terkait kasus megakorupsi 1MDB.

Tampak ia memasuki pengadilan dengan balutan jas hitam dan dasi, melewati sekumpulan wartawan sebelum memasuki ruang sidang dan duduk di kursi tersangka.

Mengutip Channel News Asia pada Senin (15/4/2019), peradilan dimulai dengan tim pembela melakukan pemeriksaan silang dengan Akmal Abdullah, pejabat Komisi Perusahaan Malaysia yang telah bersaksi sejak peradilan kasus itu dibuka.

Sejak peradilan pertama, jaksa penuntut Tommu Thomas telah mengatakan bahwa Najib tidak kebal hukum meskipun telah menjadi perdana menteri Malaysia hampir satu dekade.

Sejak saat itu, Najib juga konsisten membantah keterlibatannya dalam megakorupsi 1MDB yang dimaksud.

Najib razak dan kroni-kroninya sudah lama dituduh mencuri miliaran dolar dari dana pembangunan negara 1 MDB dan membelanjakannya untuk real estat mewah, karya seni, kapal pesiar mewah, hingga perhiasan.

Kasus megakorupsi ini telah berperan besar dalam menggulingkan koalisi partai Najib Razak dalam pemilihan umum Malaysia tahun lalu. Dengan berkuasanya pemerintahan baru, Najib telah ditangkap dan terancam hukuman pidana.

Persidangan Najib dalam kasus ini telah dimulai pada 3 April lalu. Saat itu, sang mantan perdana menteri menyangkal tujuh tuduhan terkait pencurian $ 42 juta ringgit Malaysia (sekira Rp 143 miliar) dari SRC International. Jumlah itu hanyalah sebagian kecil dari uang yang diduga diambil oleh Najib.

Sedangkan Departemen Kehakiman AS percaya total uang yang dijarah Najib Razak sejumlah US$ 4,5 miliar (sekira 63,32 triliun). Badan pemerintah Negeri Paman Sam itu menyelidiki kontroversi 1MDB karena uang diduga dicuci melalui sistem keuangan Amerika Serikat.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Gn3JUK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menanti Hasil Sidang Kedua Kasus Megakorupsi 1MDB Najib Razak"

Post a Comment

Powered by Blogger.