Search

Ratusan Napi Nusakambangan Ikut Pemilu 2019, Bagaimana Pengamanannya?

Di Banyumas, Bawaslu Kabupaten Banyumas meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menambah jumlah logistik pemilu terutama surat suara untuk mengantisipasi pembengkakan jumlah pemilih di Lapas Kelas II A Purwokerto.

Sebelumnya, data pemilih tetap (DPT) di Lapas Purwokerto jumlah pemilih hanya tercatat kurang dari 100 orang. Tetapi, dalam pemutakhiran data terakhir jumlah pemilih membengkak nyaris tiga kali lipat menjadi 300 orang. Karenanya, ia meminta KPU untuk menyediakan surat suara kekurangan hasil pemutakhiran itu.

Berdasar pendataan terakhir, penambahan jumlah pemilih disebabkan perpindahan napi atau tahanan yang sangat cepat. Nyaris tiap hari, kata dia, jumlah pemilih selalu berubah. Hal ini menurut dia harus diantisipasi oleh KPU agar tidak ada napi yang kehilangan hak suara gara-gara kekurangan logistik.

“Ada pembengkakan dalam hal jumlah pemilih di Lapas Purwokerto terutama. Mencapai hampir 300-an. Kerawanan ini harus diantisipasi oleh KPU, terkait dengan logistik surat suaranya bagaimana,” ucap Anggota Bawaslu Banyums, Yon Daryono.

Menurut Yon, Lapas menjadi salah satu lokasi TPS rawan yang menjadi prioritas pantauan Bawaslu. Misalnya, terjadi kekurangan logistik pemilu, mobilisasi massa, atau rawan intimidasi.

Karenanya, secara khusus Bawaslu dan Sentra Gakumdu akan menugaskan petugas khusus yang langsung dikoordinir dari Posko Bawaslu Induk Banyumas.

“Pembengkakan itu karena di Lapas itu kan dinamis ya. Ada yang masuk ada yang keluar. Ada tahanan pindahan. Ada napi pindahan. Jumlah napinya bertambah banyak,” jelasnya.

Secara keseluruhan Bawaslu mengidentifikasi terdapat 197 TPS rawan di Banyumas. Lokasinya tersebar merata di seluruh Kabupaten Banyumas. Namun, ia menyebut bahwa tiga wilayah kecamatan, yakni Sumbang, Purwokerto Selatan dan Cilongok sebagai daerah dengan jumlah TPS rawan terbanyak.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2KIBe8g

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Napi Nusakambangan Ikut Pemilu 2019, Bagaimana Pengamanannya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.